fbpx

Assalamualaikum wr wb

Halo semua apa kabar? Semoga kabar kamu hari ini baik-baik saja ya. Kali ini admin akan berbagi artikel tentang “Tips Agar Anak Dekat Dengan Al Quran”. Bagaimana kamu tertarik tidak? Jika ya, yuk simak pembahasan artikel di bawah ini.

Baca Juga: “Tips Agar Kita Selalu Dekat Dengan Allah.”

Al Quran merupakan kitab suci umat islam serta sebagai pedoman hidup bagi para pembacanya. Di dalam Al Quran berisi firman-firman Allah, yang mana seolah-olah Allah sedang berbicara dengan kita. Banyak yang tidak mengetahui bahwa dengan kita rajin membaca Al Quran maka itu merupakan salah satu cara agar kita lebih dekat dengan Allah Subhanahu wata’ala serta akan menuntun kita ke jalan-Nya yang lurus.

Bagi orang-orang yang sudah berumah tangga serta sudah memiliki seorang anak maka sudah menjadi kewajiban orang tua kepada anak agar mendidiknya untuk lebih dekat dengan Al Quran. Sebab orang tua mana sih yang tidak kepingin anak-anaknya dekat, cinta, bahkan bisa menjadi anak penghafal Al Quran.

Nah Perlu diketahui bahwa anak merupakan aset yang sangat berharga baik itu didunia maupun di Akhirat. Amal sholeh yang orang tua ajarkan kepada anak dapat menjadi bekal di Akhirat kelak. Salah satu amal sholeh yang dapat orang tua ajarkan kepada anak yakni mendekatkan anak dengan kitab suci Al Quran. Namun sebagai orang tua juga tak ingin kan jika kebiasaan membaca Al Quran itu dipaksakan kepada sang anak. Oleh karena itu berikut tips buat orang tua agar anak bisa lebih dekat dan cinta dengan Al Quran:

Baca Juga: “Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi.”

Tips Anak Dekat Dengan Al Quran

Pertama, Dengarkan Bacaan Al Quran. Penelitian telah menunjukkan bahwa bayi dipengaruhi oleh suara-suara di lingkungannya. Oleh karena itu dengan mendengarkan Bacaan Al Quran kepada bayi secara teratur, maka mereka akan terbiasa dengan suara tersebut dan akan senang mendengarkannya lebih banyak lagi.

Kedua, Berikan Contoh Kepada Anak. Masa anak-anak merupakan masa dimana anak akan belajar meniru perilaku yang mereka lihat. Oleh karena itu biasakan untuk membaca Al Quran dekat anak-anak, dengan begitu anak-anak kemungkinan akan melakukan dan meniru hal yang sama.

Ketiga, Bercerita. Anak-anak sangat suka dengan cerita yang menarik imajinasi mereka. Salah satu cerita yang sangat disukai oleh anak-anak yakni cerita tentang binatang-binatang. Ingat di dalam Al Quran juga ada cerita mengenai binatang maka gunakan cerita tersebut agar anak lebih dekat dengan Al Quran dan mempelajarinya.

Kesimpulan

Sebagai orang tua maka sudah menjadi kewajiban untuk mengajarkan Al Quran kepada anak. Namun dalam proses mengajarkan Al Quran kepada anak-anak maka janganlah dipaksakan jika mereka tidak mau. Ajari mereka secara perlahan-lahan dan ikuti ketiga tips diatas dengan begitu anak-anak akan merasa senang dalam mempelajari dan membaca Al Quran.

Demikianlah pembahasan mengenai Tips Agar Anak Dekat Dengan Al Quran, jika ada kesalahan admin mohon maaf. Sekian dari Admin dan terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.


Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan