Suka Baca Al-Quran? Berikut 5 Keutamaan Bagi Kamu Yang Suka Baca Al-Quran

Membaca Al-Quran

Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan oleh Allah agar bisa menjadi pedoman hidup bagi umat manusia, oleh karena itu umat Islam dianjurkan untuk rajin-rajin dalam membaca Al-Quran, memahami, serta mengamalkan isinya . Selain itu Al-Quran ini juga berisi tentang kebenaran Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin. Allah juga akan selalu memelihara serta menjaga kitab suci ini sampai hari akhir zaman kelak, hal ini sesuai dengan firman Allah yang berbunyi:

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

Artinya: “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.” ( Al-Quran Surah Al-Hijr Ayat 9)

Baca juga: “Apakah Kalian Punya Sikap Toleransi? Berikut 3 Hal Penting Tentang Toleransi Yang Harus Kamu Tahu

Namun masih banyak di kalangan umat muslim yang malas untuk membaca Al-Quran, padahal kalau mereka tahu bahwa banyak sekali keutamaan-keutamaan bagi mereka yang rajin membacanya, berikut di bawah ini adalah keutamaan yang akan diperoleh bagi mereka yang rajin membaca kitab suci Al-Quran.

1. Dapat Pahala Tentunya

Membaca Al-Quran merupakan salah satu bentuk ibadah, seperti ibadah-ibadah lainnya yang mana bila ada orang yang mengerjakan suatu ibadah tertentu maka akan mendapatkan pahala, sama halnya dengan membaca AL-Quran bila ada orang yang rajin membacanya maka akan diganjar dengan pahala pula. Jadi umat muslim sangat dianjurkan untuk membacanya setiap hari sebab pahalanya itu termasuk besar lho.

Baca juga: “2 Hal Yang Penting Harus Kamu Ketahui Tentang Para Rasul

2. Hati Akan Menjadi Tentram

Kalian pasti pernahkan mendengarkan orang-orang membaca Al-Quran, entah itu kalian mendengarnya di televisi, radio, ataupun media social. Bagaimana perasaan kalian ketika mendengarnya menjadi tenang bukan? Selain mendengarkan, kalian membaca sendiri pun dapat membuat hati kalian menjadi lebih tentram lho, sebab Al-Quran adalah suatu penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman. Hal ini sesuai dengan firman Allah yang berbunyi:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا

Artinya: “Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.”

Baca juga: “5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Jenazah

3. Allah Akan Angkat Derajat Orang Yang Membaca Al-Quran

Bagi setiap umat muslim yang rajin sekali membaca Al-Quran serta mengamalkan isi yang terkandung di dalamnya maka Allah akan angkat derajat orang-orang tersebut. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat luar biasa bukan sebab hanya dengan membaca derajat kita bisa diangkat. Orang-orang yang diangkat derajatnya oleh Allah maka itu sudah menjadi pertanda bahwa orang-orang tersebut sangat dekat dengan Allah.

4. Menuntun ke Jalan Yang Benar

Perlu kamu ingat bahwa AL-Quran itu diturunkan sebagai pedoman hidup bagi umat manusia. Jadi orang-orang yang rajin membaca, memahami, serta mengamalkan isi dari Al-Quran itu akan menuntun mereka ke jalan yang benar dan akan terhindar dari kesesatan.

Baca juga: “Memahami Arti Iman Kepada Malaikat

5. Mendapatkan Syafa’at di Hari Kiamat

Salah satu keutamaan orang yang rajin membaca Al-Quran adalah mendapatkan pertolongan atau syafaat kelak di akhir zaman. Oleh karena itu bagi kalian yang masih jarang-jarang atau belum pernah sama sekali membaca Al-Quran ini maka mulai dari sekarang biasakan untuk membacanya setiap hari ya.

Itu tadi adalah 5 keutamaan bagi orang yang rajin membaca Al-Quran. Oleh karena itu ayo mulai dari sekarang kita berusaha untuk membaca Al-Quran walaupun itu cuma 1 ayat. Sebab sangat rugi sekali jika kita tidak pernah membaca Al-Quran sama sekali dalam hidup kita, dan ingat bahwa hidup di dunia itu cuma sekali. Serta semoga kelak kita dikumpulkan bersama orang-orang yang sholeh.

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Membaca Al-Quran”. Semoga pembahasan di atas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *