Berdoa

  • Mas Bayu 
berdoa dalam pandangan Islam

Hai teman, bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Berdoa Dalam Pandangan Islam”. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: “Manfaat Membaca Al Quran

infografis-berdoa-dalam-pandangan-Islam

Apa Itu Yang Dimaksud Dengan Berdoa Dalam Pandangan Islam?

berdoa-adalah

Doa adalah suatu permintaan atau permohonan kepada Allah untuk memperoleh karunia dan keridhoan dari-Nya. Aktivitas berdoa itu tidak hanya dilakukan pada saat seseorang tertimpa suatu musibah saja, melainkan dilakukan setiap waktu baik pada saat tertimpa suatu musibah maupun pada saat memperoleh rezeki. Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas Rahmat yang Allah berikan.

Baca juga: “Doa Agar Terhindar Dari Hutang

Apa Dalil Tentang Doa?

Al Quran Surah Al-Mu’min Ayat 60

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: “Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.

Apa Tujuan Dari Berdoa?

Berdoa dalam pandangan Islam mempunyai beberapa tujuan yakni sebagai berikut.

  1. Agar selalu senantiasa dalam bimbingan Allah Subhanahu wata’ala.
  2. Agar selamat dalam menjalani kehidupan baik di dunia maupun di akhirat.
  3. Mengungkapkan rasa syukur atas rahmat yang Allah berikan.

Baca juga: “Doa Ketika Sedang Sakit

Apa Manfaat Berdoa?

Berdoa dalam pandangan islam mempunyai banyak manfaat berikut ini adalah diantaranya.

A. Doa Merupakan Salah Satu Bentuk Ibadah

Salah satu bentuk dari ibadah adalah doa. Dengan berdoa kepada Allah maka hal tersebut juga akan mendatangkan pahala. Hal ini sesuai dengan hadist berikut yang artinya:

Do’a adalah ibadah.” (Hadist ini diriwayatkan oleh Abu Daud, At Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad)

B. Dikabulkannya Keinginan

Jika seseorang mempunyai sebuah keinginan maka hendaknya ia berusaha agar keinginannya tersebut tercapai, namun usaha saja tidak cukup, sebab harus dibarengi dengan doa. Dengan berdoa kepada Allah maka keinginan yang diharapkan bisa dikabulkan. Ini sesuai dengan hadist berikut yang artinya:

Tiap Muslim di muka bumi yang memohonkan suatu permohonan kepada Allah, pastilah permohonannya itu dikabulkan Allah, atau dijauhkan Allah daripadanya sesuatu kejahatan, selama ia mendoakan sesuatu yang tidak membawa kepada dosa atau memutuskan kasih sayang.” (Hadist ini diriwayatkan oleh Al-Thirmidzi)

C. Dekat Dengan Allah

Doa dapat mendekatkan diri kepada Allah, sebab ketika berdoa maka itu sama halnya dengan berkomunikasi dengan Allah. Jadi semakin sering berdoa maka akan semakin dekat dengan Allah.

D. Dipermudah Segala Urusan

Berdoa merupakan hal yang sangat penting, sebab dengan banyak berdoa maka Allah akan menghilangkan segala kesulitan. Allah berfirman:

اَمَّنْ يُّجِيْبُ الْمُضْطَرَّ اِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوْۤءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاۤءَ الْاَرْضِۗ ءَاِلٰهٌ مَّعَ اللّٰهِ ۗقَلِيْلًا مَّا تَذَكَّرُوْنَۗ

Artinya: “Bukankah Dia (Allah) yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila dia berdoa kepada-Nya, dan menghilangkan kesusahan dan menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah (pemimpin) di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Sedikit sekali (nikmat Allah) yang kamu ingat.” (Al Quran Surah An-Naml ayat 62)

Baca juga: “Pengertian Berdusta Dan Bahaya Perilaku Dusta

Bagaimana Adab Dalam Berdoa?

Berdoa dalam pandangan Islam mempunyai adab sebagai berikut.

1. Memuji Allah

Adab dalam berdoa yakni diawali dengan memuji Allah, kemudian setelah itu dilanjutkan dengan bershalawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam, selanjutnya bisa memulai doa yang ingin dimohonkan kepada Allah. Hal ini sesuai dengan hadist berikut yang artinya:

Apabila kalian berdoa, hendaknya dia memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kemudian berdoalah sesuai kehendaknya.” (Hadist ini diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu Daud)

2. Menghadap Kiblat

Pada saat berdoa dianjurkan menghadap ke arah kiblat, sebab hal tersebut sesuai dengan hadist berikut ini yang artinya:

Dari Jabir radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berada di Padang Arafah, beliau menghadap kiblat, dan beliau terus berdoa sampai matahari terbenam.” (Hadist ini diriwayatkan oleh Muslim)

3. Berdoalah Dengan Suara Yang Lembut

Sebaiknya ketika berdoa itu dilakukan dengan suara yang lembut. Allah berfirman:

اُدْعُوْا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَّخُفْيَةً ۗاِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِيْنَۚ

Artinya: “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (Al Quran Surah Al-A’raf ayat 55)

4. Yakin Bahwa Doa Akan Dikabulkan Oleh Allah

Umat muslim harus yakin bahwa doa yang dimohonkan akan dikabulkan oleh Allah. Walaupun nanti doa tersebut dikabulkan secara cepat atau lambat. Yakinlah dengan penuh harap bahwa Allah dapat mengabulkan setiap doa yang kita inginkan. Allah berfirman:

وَاِذَا سَاَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَاِنِّيْ قَرِيْبٌ ۗ اُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ اِذَا دَعَانِۙ فَلْيَسْتَجِيْبُوْا لِيْ وَلْيُؤْمِنُوْا بِيْ لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُوْنَ

Artinya: “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran.” (Al Quran Surah Al-Baqarah ayat 186)

5. Penuh Harap Dalam Berdoa

Sebaiknya ketika berdoa itu dilakukan dengan penuh harap serta rasa takut. Karena rasa takut tersebut dapat menumbuhkan rasa rendah diri dihadapan Allah. Allah berfirman:

فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَوَهَبْنَا لَهُ يَحْيَىٰ وَأَصْلَحْنَا لَهُ زَوْجَهُ ۚ إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَيَدْعُونَنَا رَغَبًا وَرَهَبًا ۖ وَكَانُوا لَنَا خَاشِعِينَ

Artinya: “Maka Kami memperkenankan doanya, dan Kami anugerahkan kepada nya Yahya dan Kami jadikan isterinya dapat mengandung. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu’ kepada Kami.” (Al Quran Surah Al-Anbiya Ayat 90)

6. Jangan Berdoa yang Mengharapkan Keburukan

Jangan berdoa yang mengharapkan suatu keburukan, hal ini sesuai dengan hadist berikut yang artinya:

Doa para hamba akan senantiasa dikabulkan, selama tidak berdoa yang isinya dosa atau memutus silaturahim.” (Hadist ini diriwayatkan oleh Muslim dan Abu Daud)

Baca juga: “Rendah Hati Dalam Pandangan Islam

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Berdoa Dalam Pandangan Islam”. Semoga pembahasan diatas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tag: