fbpx

Hai teman, bagaimana kabar kalian?, semoga sehat dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Berdusta”. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

infografis-tentang-berdusta

Baca juga: “Rendah Hati Dalam Pandangan Islam

Apa itu Dusta?

pengertian-berdusta

Berkata Bohong atau berdusta merupakan perilaku yang terlarang dalam Islam. Kenapa demikian? Sebab di dalam Al Quran itu sudah dijelaskan bahwa dusta merupakan perilaku yang sangat tidak baik. Bahkan orang yang suka berbohong disebut sebagai orang yang tidak beriman.

إِنَّمَا يَفْتَرِي الْكَذِبَ الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ ۖ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْكَاذِبُونَ

Artinya: “Sesungguhnya yang mengada-adakan kebohongan, hanyalah orang-orang yang tidak beriman kepada ayat-ayat Allah, dan mereka itulah orang-orang pendusta.” (Al Quran Surah An-Nahl Ayat 105)

Namun tahukah kamu apa itu Dusta? Dusta atau Berdusta adalah kegiatan yang melawan kebenaran baik itu dilakukan melalui lisan maupun isyarat seperti menggelengkan atau menganggukkan kepala yang bertujuan untuk menyesatkan seseorang yang mempunyai hak untuk mengetahui kebenaran. Dan tahukah kamu bahwa sebagian besar kebohongan umumnya dilakukan karena motif ingin mencari keuntungan pribadi seperti menipu orang lain.

Baca juga: “Perbedaan Nabi dan Rasul

Apa Hukum Berdusta?

Dusta merupakan akhlak yang sangat buruk, jadi berdusta merupakan suatu perbuatan yang sangat terlarang untuk dilakukan oleh umat muslim. Bahkan orang yang suka berdusta sangat dibenci oleh Allah dan Rasul-Nya, sebab dusta ini dapat menjerumuskan kedalam keburukan. Allah memberikan ancaman bagi para pelaku dusta. Dalam Al Quran Surah Al-Jasiyah Ayat 7, Allah berfirman:

berdusta itu dilarang

Artinya: “Kecelakaan besarlah bagi tiap-tiap orang yang banyak berdusta lagi banyak berdosa.”

Baca juga: “Menuntut Ilmu Dalam Pandangan Islam

Apa Bahayanya Jika Sering Berdusta?

Orang yang beriman sangat terlarang untuk berdusta, kenapa demikian? Sebab dusta dapat menimbukan keburukan baik kepada diri sendiri maupun orang lain. Berikut adalah akibat dari sering berdusta.

A. Jadi Penyebab Seseorang Masuk Neraka

Sering berdusta dapat menyebabkan seseorang masuk neraka, sebab hal tersebut termasuk dalam perbuatan yang zalim. Ini sesuai dengan bunyi hadist berikut yang artinya:

Dan sesungguhnya bohong itu akan menunjukkan kepada kezaliman, dan kezaliman itu akan mengantarkan ke arah neraka” (Hadist ini diriwayatkan oleh Bukhari Muslim)

B. Tidak Mampu Melewati Ujian

Setiap hamba Allah pasti akan menerima ujian untuk mengukur tingkat keimanannya. Namun ketika para pendusta di uji oleh Allah, maka mereka tidak mampu melewatinya. Dalam Al Quran Surah Al-‘Ankabut Ayat 3, Allah berfirman:

berdusta itu akhlak tercela

Artinya: “Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.”

C. Rezeki Yang Didapat Dari Hasil Dusta Tidak Berkah

Rezeki yang diperoleh dari jalan berdusta tidak memiliki keberkahan sama sekali. Sebab rezeki yang dicari tersebut didapat dengan cara yang tidak benar, contoh seorang pedagang menipu para konsumennya dengan cara mengurangi timbangan yang mana hal tersebut sangat merugikan konsumen dan hanya menguntungkan pedagang.

D. Hidup Menjadi Tidak Tenang

Jika orang suka sekali berdusta maka bisa jadi kehidupannya menjadi tidak tenang, hal ini disebabkan oleh rasa takut jika kebohongannya suatu saat akan terungkap. Hari-harinya akan dipenuhi dengan rasa cemas, tidur tidak nyenyak, bahkan bertemu dengan orang lain pun menjadi tidak tenang karena terus meneruh merasa khawatir.

E. Tidak Mudah Dipercaya Orang

Orang pendusta dan kebohongannya sudah diketahui orang maka bisa jadi suatu saat ia tidak mendapat kepercayaan dari orang lain. Hal ini disebabkan oleh perbuatannya tersebut yang memang sangat merugikan orang lain. Jadi walaupun suatu saat nanti ia bersikap jujur bisa jadi orang-orang akan sangat sulit untuk mempercayainya.

Baca juga: “Hari Jumat

Bagaimana Cara Menghindari Perilaku Dusta?

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari perilaku dusta.

A. Selalu Berkata Jujur Walaupun Itu Terasa Pahit

Berkata jujur memang sangat sulit, namun ketahuilah bahwa kejujuran dapat mendatangkan kebaikan. Jadi mulai dari sekarang biasakan untuk bersikap jujur walaupun itu terasa pahit.

B. Sebisa Mungkin Hindari Perbuatan Buruk

Berbuat buruk itu sudah termasuk dosa, apalagi keburukan tersebut ditutupi dengan perkataan dusta maka akan bertambah nanti dosanya. Jadi sebisa mungkin hindari perbuatan-perbuatan yang mendatangkan keburukan.

Baca juga: “Hutang Dalam Pandangan Islam

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Berdusta dalam pandangan Islam”. Semoga pembahasan diatas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.


Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan