fbpx

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Wanita Muslimah Harus Berhijab

Hai semua, bagaimana kabar kalian hari ini?,, semoga sehat dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Alasan wanita muslimah harus berhijab?”.

Mungkin pernyataan di atas tidak asing lagi terutama bagi kaum wanita. Karena pada dasarnya memakai hijab adalah wajib hukumnya bagi wanita. Bagaimana tidak dengan berhijab maka akan tampak pada dirinya bahwa ia adalah seorang muslim.

Baca juga: “Apa itu Malam Lailatul Qadar?

Dalil Tentang Pemakaian Hijab Bagi Kaum Wanita

Memakai hijab memang sudah diatur, Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

Al-Quran Surah Al-A’raaf ayat 26

يَا بَنِي آدَمَ قَدْ أَنْزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَارِي سَوْآتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ التَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ

Artinya: “Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS. Al-A’raaf: 26)

Al-Quran Surah Al-Ahzab ayat 59

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ۚ ذَٰلِكَ أَدْنَىٰ أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Artinya: “Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59)

Al-Quran Surah An-Nur Ayat 31

وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِنْ زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: “Katakanlah kepada wanita yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An-Nur Ayat 31)

Itu tadi beberapa Firman Allah Subhanahu wata’ala tentang menutup aurat atau berhijab, dengan dalil di atas sangat jelas bahwa menutup aurat bagi kaum wanita merupakan suatu keharusan.

Baca juga: “Berbakti Kepada Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Dampak Buruk Bagi Wanita Yang Tidak Mau Memakai Hijab

Jika kaum wanita terutama wanita muslim enggan untuk mengenakan hijab maka siap-siap dengan dampak negatif yang akan menimpanya, seperti sebagai berikut.

1. Mendapat Dosa

Berhijab bagi wanita hukumnya adalah wajib, jika ia melanggar maka akan mendapatkan dosa. Coba Kamu Bayangkan berapa banyak dosa yang diterima oleh wanita jika ia keluar rumah tanpa mengenakan hijab dan bertemu dengan banyak orang yang bukan muhrimnya.

2. Menurunkan Harga Diri

Wanita yang tidak berhijab maka sama saja dengan ia menurunkan harga dirinya. Banyak orang akan beranggapan bahwa wanita tersebut adalah wanita yang tidak baik.

3. Menjadi Korban Kejahatan

Hijab juga bisa menangkal kejahatan lho, sebab sekarang ini banyak sekali wanita yang kerap menjadi korban kejahatan kaum lelaki dikarenakan ia tidak menutup auratnya. Oleh karena itu agar bisa terhindar dari korban kejahatan, maka mulai dari sekarang tutuplah auratmu ketika mau keluar rumah.

Itu tadi adalah beberapa dampak buruk akibat tidak mengenakan hijab. Oleh karena itu bagi kamu seorang muslimah maka hendaknya mulai dari sekarang pakailah hijabmu, sebab banyak sekali manfaat dari mengenakan hijab ini. Selain dapat menghindari dampak buruk diatas memakai jilbab juga mempunyai banyak manfaat lainnya lho. Berikut ini adalah diantaranya.

Baca juga: “Dampak Buruk Perilaku Diskriminasi

Manfaat Memakai Hijab

Banyak sekali manfaat yang didapat jika kamu mengenakan jilbab, berikut ini adalah 5 manfaat dari mengenakannya bagi kamu para wanita muslim.

1. Sebagai Identitas Seorang Muslim

Dengan memakai hijab, maka semua orang yang melihat akan langsung tahu bahwa Kamu itu adalah seorang muslim. Sebab berhijab merupakan suatu identitas seorang muslim.

2. Lebih Terhindar Dari Pelecehan

Dengan berjilbab maka Kamu akan lebih terlindungi dari perbuatan yang sangat menghinakan seperti pelecehan. Para penjahat lebih jarang melirik wanita yang tertutup auratnya dan lebih sering melirik wanita yang memperlihatkan auratnya. Perlu Kamu tahu bahwa wanita yang tidak berjilbab tersebut akan lebih mudah menjadi sasaran orang yang ingin berbuat tidak baik.

3. Lebih di Hormati

Memang benar adanya, jika wanita yang menutup aurat itu lebih di hormati oleh orang-orang daripada wanita yang tidak menutup auratnya. Karena dengan menutup aurat maka orang-orang akan tahu bahwa kalian itu memang wanita yang baik dan juga sopan. Sebab tidak baik sebenarnya, jika kita pergi ditengah-tengah orang banyak tanpa menutup aurat yang seharusnya tidak boleh dipertontonkan.

4. Lebih Terjaga Dari Dosa

Ajaran agama Islam itu mewajibkan wanitanya untuk mengenakan hijab. Dengan hal tersebut maka para wanita akan lebih menyadari tentang kewajiban berhijab. Semua tahu kan kalau tidak melaksanakan kewajiban itu dosa! Nah dengan berhijab maka secara tidak sadar Kamu sudah menjaga diri dari dosa.

5. Mendapat Jodoh Yang Baik

Pernahkah Kamu mendengar kata “Jodoh Adalah Cerminan Hidup Kita”, pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan kata tersebut? Nah dengan berhijab maka Anda akan berpeluang besar untuk mendapatkan calon suami yang baik, sebab wanita baik hanya untuk laki-laki yang baik sebaliknya wanita yang buruk hanya untuk laki-laki yang buruk. Perlu Kamu tahu aja! Bahwa banyak laki-laki yang lebih cenderung menyukai wanita yang memakai hijab.

Nah mulai dari sekarang kalian yang wanita ayo untuk segera menutup aurat kalian dengan berhijab, sebab jika tidak maka kalian akan menyesal nanti. Ajak ibu, nenek, adik perempuan, kakak perempuan, teman kalian yang perempuan untuk segera mengenakan hijab. Dengan begitu semoga kalian semua mendapatkan rahmat dan ampunan dari Allah Subhanahu wata’ala, Amin

Demikianlah pembahasan kita mengenai Mengapa wanita harus berhijab? Semoga bermanfaat, jangan lupa share. Sekian terima kasih dan sampai jumpa.


Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan