Jangan Terlalu Pikirkan 3 Hal Ini Ketika Bulan Ramadan Tiba

Jangan Terlalu Pikirkan 3 Hal Ini Ketika Bulan Ramadan Tiba

Bulan ramadan adalah bulan suci bagi umat muslim. Pada bulan ini setiap umat diwajibkan untuk berpuasa dari mulai terbitnya matahari sampai waktu terbenamnya. Banyak umat muslim berlomba-lomba untuk beramal soleh dibulan yang penuh ampunan ini, sebab akan sangat rugi sekali jika bulan ramadan ini diabaikan begitu saja tanpa mengerjakan amal soleh sedikitpun.

Namun banyak sekali hal yang dipikirkan oleh banyak orang ketika memasuki bulan ramadan, akan tetapi jangan terlalu memikirkan hal berikut ketika sudah memasuki bulan ramadan, apa saja itu? Simak penjelasan dibawah ini.

Baca juga: “Suka Baca Al-Quran? Berikut 5 Keutamaan Bagi Kamu Yang Suka Baca Al-Quran

1. Merenovasi Rumah

Banyak sekali kan diantara kalian ketika memasuki bulan ramadan berpikiran apakah harus merenovasi rumah? Sebenarnya hal yang demikian itu bukanlah hal yang salah sebab setelah ramadan kan pasti hari raya, dan ketika hari raya tiba pasti banyak orang yang berkunjung ke rumah kita entah itu tetangga, saudara, teman dan lain sebagainya. Nah kalian sebagai pemilik rumah pasti ingin ketika dikunjungi oleh orang-orang untuk bersilaturahmi itu merasa nyaman dengan rumah yang sudah direnovasi.

Namun stop dulu sebab kita harus tahu dulu tujuan dan maksud orang ketika bersilaturahmi di hari raya, mereka kan hanya ingin saling meminta maaf dan tidak semua orang yang ingin berkunjung ke rumahmu itu bermaksud untuk melihat apakah rumahmu itu dalam keadaan baru atau tidak, oleh karena itu lebih baik buang pemikiran tentang renovasi rumah apalagi orang-orang yang masih mempunyai uang pas-pasan lebih baik uangnya disimpan atau digunakan ke hal-hal lain yang lebih penting.

Baca juga: “Apakah Kalian Punya Sikap Toleransi? Berikut 3 Hal Penting Tentang Toleransi Yang Harus Kamu Tahu

2. Beli Baju Baru

Nah hal ini juga banyak dipikirkan oleh orang-orang nih yakni membeli baju baru. Biasanya baju baru ini digunakan ketika hari raya telah tiba, mungkin hal ini dilakukan agar kita itu terlihat lebih ganteng atau cantik ketika kita memakai baju baru tersebut. Namun perlu diingat nih bagi kalian (mohon maaf sebelumnya) yang hidupnya pas-pasan dan tidak memiliki uang untuk membeli baju tidak perlu minder, pakai saja baju hari raya tahun kemarin yang masih terlihat bagus, sebab tujuan kita pada saat hari raya kan cuma maaf-maafan bukan malah ajang pamer baju baru.

Baca juga: “2 Hal Yang Penting Harus Kamu Ketahui Tentang Para Rasul

3. Menu Berbuka Puasa

Berbuka puasa adalah saat kita sudah diperbolehkan untuk makan dan minum setelah seharian menahan lapar dan haus. Namun ada di antara kita yang berpikiran seperti ini, nanti pada saat buka puasa tidak ada makanan enak bagaimana ya? Tidak ada kue, buah-buahan bagaimana ya? Sedangkan saya tidak memiliki banyak uang untuk beli itu semua. Nah pemikiran seperti itu seharusnya dibuang jauh-jauh, perlu kamu ingat bahwa masih banyak lho orang-orang di luar sana itu hidup serba kekurangan, bahkan mereka ingin hidup seperti kita yang sudah berkecukupan. Oleh karena itu sebisa mungkin kita tidak perlu lah lihat orang yang ada di atas kita, namun lihatlah orang yang ada di bawah kita, agar kita ini bisa menjadi orang yang pandai bersyukur. Jadi mulai sekarang makan seadanya saja yang penting kita sudah berbuka puasa dan puasa yang kita kerjakan diterima oleh Allah Subhanahu wata’ala.

Itu tadi adalah 3 hal yang tidak perlu terlalu dipikirkan ketika bulan ramadan tiba. Kita tidak perlu bersedih ketika kita tidak bisa mewujudkan yang ketiga di atas, namun seharusnya kita bersedih apabila kita tidak berpuasa, tidak bisa baca Al-Quran, tidak bisa sholat berjamaah di masjid, tidak bersedekah, tidak bisa sholat terawih, tidak bisa sholat tahajud, tidak bisa khusyu’ dalam berdoa, tidak berdzikir kepada Allah, serta yang terpenting adalah bagaimana jika pada saat bulan ramadan dosa kita tidak diampuni oleh Allah, harusnya kita bersedih untuk itu dan harusnya itulah hal-hal yang perlu kita pikirkan ketika memasuki bulan ramadan.

Baca juga: “5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Jenazah

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Sesuatu Hal Yang Tidak Perlu Terlalu Dipikirkan Ketika Bulan Ramadan Tiba”. Semoga pembahasan di atas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *