fbpx

Kamu ingin cari calon istri? Tidak perlu pacaran untuk mencarinya. Terus bagaimana dong cara cari calon istri yang baik?. Namun sebelum kamu mencari calon istri maka sebaiknya perbaiki dulu dirimu, sebab calon pasanganmu itu adalah cerminan dirimu. Allah Subhanahu wata’ala berfirman dalam Al Quran Surat An-Nur Ayat 26:

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ ۖ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ ۚ أُولَٰئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ ۖ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

Artinya: “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).”

Ingatlah jika kamu cari karena cantiknya, maka cantiknya bisa memudar. Hari berganti hari musim berganti musim wanita yang dulu cantiknya bukan main, setelah punya anak cantiknya akan memudar.

Baca juga: “Nikmat Yang Sering Dilalaikan Manusia

Kalau kamu cari karena hartanya yang sangat banyak, maka suatu saat nanti bisa saja dia akan berubah, hartanya yang dulu banyak sekarang menjadi tidak ada lagi. Bisa jadi kamu akan menjadi benci.

Jika kamu cari karena sukunya, perlu kamu tahu banyak sekali orang yang dikeluarkan dari suku dan di copot gelar kehormatannya karena melanggar aturan suku.

Baca juga: “Berbaktilah Kamu Semua Kepada Kedua Orang Tua Terutama Ibumu

Akan lebih baik jika kamu mencari sesuatu yang tak lapuk karena air hujan, dan tak lekang karena panas, yakni carilah istri karena agamanya. Hal ini sesuai dengan Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam yang artinya:

Wanita biasanya dinikahi karena empat hal: karena hartanya, karena kedudukannya, karena parasnya dan karena agamanya. Maka hendaklah kamu pilih wanita yang bagus agamanya (keislamannya). Kalau tidak demikian, niscaya kamu akan merugi.” (HR. Bukhari-Muslim)

Masalah cantik tidaknya seorang wanita itu kan relatif, jadi yang terpenting itu carilah istri yang sholeh.

sekian dari saya, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di lain waktu.

Referensi:

  1. muslim.or.id
  2. tafsirq.com

Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan