fbpx

Hai teman, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga sehat selalu dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Cara Mendidik Anak Secara Islam”. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga:

Mendidik Anak

Dalam Islam anak adalah sebuah amanah bagi setiap orang tua. Oleh karena itu agar anak tersebut menjadi orang yang sholeh kelak maka perlu dididik dengan benar. Memang setiap orang tua punya gaya atau cara tersendiri untuk mendidik buah hatinya, namun bagi orang tua muslim sangat perlu dan penting memberikan pendidikan secara islami.

Mendidik anak sesuai dengan tuntunan agama Islam memang tidak mudah, namun bagi Kamu para orang tua harus tetap berusaha. Berikut ini adalah tips dan cara mendidik anak secara Islam.

5 Cara Mendidik Anak Secara Islami

cara mendidik anak secara islami

A. Perdengarkan Bacaan Ayat Suci Al Quran Sejak Dini

Mendengarkan bacaan ayat suci Al Quran dapat membuat seseorang menjadi tenang dan tentram hatinya. Oleh karena itu rajin-rajinlah memperdengarkan bacaan Al Quran kepada anak-anak Kamu yang masih bayi. Hal ini dimaksudkan agar anak Kamu nanti menjadi terbiasa dengan firman Allah yang ada dalam Al Quran. Dengan begitu kelak ketika anak-anakmu sudah mulai beranjak dewasa maka Kamu akan dimudahkan dalam mengajarkan Al Quran.

Baca juga:

B. Ajarkan Tentang Ilmu Agama Islam

Agar kelak anak Kamu menjadi seorang yang sholeh maka mengajarkan ilmu-ilmu agama Islam adalah suatu keharusan. Ilmu agama akan menjadi sebuah pondasi anak dimasa depannya. Oleh sebab itu harus diajarkan sedini mungkin tentang pondasi tersebut, terutama anak laki-laki yang kelak akan menjadi seorang pemimpin di keluarganya.

Berikut ini adalah Ilmu agama yang paling dasar yang bisa orang tua ajarkan kepada seorang anak.

  • Biasakan anak-anak untuk membaca doa ketika sedang atau setelah melakukan sesuatu, seperti doa sebelum makan, doa sebelum masuk kamar mandi, doa sebelum mau tidur, doa sebelum keluar rumah, dan doa-doa lainnya.
  • Perkenalkan dengan sosok Nabi dan Rasul, serta ajarkan bagaimana cara meneladani sikap seorang Nabi dan Rasul dalam kehidupan sehari-hari.
  • Ajari cara mengimani, membaca, serta mengamalkan isi Al Quran.
  • Perkenalkan kepada anak tentang rukun iman dan rukun Islam.

C. Mengajari Anak Tentang Tata Cara Sholat

Sholat merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim. Oleh karena itu para orang tua wajib mengajari anak tentang tata cara sholat serta membiasakannya sedari kecil. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya:

Perintahlah anak-anak kalian untuk shalat ketika mereka berusia tujuh tahun dan pukullah mereka jika enggan melakukannya pada usia sepuluh tahun, dan pisahkanlah tempat tidur mereka.

Hadis ini diriwayatkan oleh Ahmad

Dari hadist di atas dapat disimpulkan bahwa anak-anak sudah diharuskan untuk sholat ketika mereka berumur tujuh tahun.

D. Melatih Seorang Anak Untuk Berpuasa.

Puasa dibulan ramadhan merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim. Pada saat bulan ramadhan, Kamu yang sebagai orang tua juga bisa mengajak anak untuk ikut berpuasa, seperti ikut makan sahur ketika sahur tiba, dan ikut berbuka puasa ketika sudah adzan Magrib. Selain itu kamu juga bisa mengajarkan kepada anak tentang pentingnya berpuasa di bulan ramadhan. Walaupun nanti anak-anak akan kurang memahami maksud dari perkataanmu, namun perkataan Kamu tersebut akan masuk ke dalam memory anak-anakmu.

Baca juga:

E. Mangajari Anak-Anak Tentang Akhlak-Akhlak Mulia

Agama dan akhlak merupakan dua hal penting yang harus diajarkan kepada seorang Anak. Oleh karena itu ajari anak-anak tentang akhlak atau sifat-sifat terpuji, seperti harus berkata jujur, amanah, bertanggung jawab, berbakti kepada kedua orang tua, dan sifat-sifat baik lainnya. Dengan begitu anak-anak Kamu akan terbiasa melakukan akhlak tersebut di kehidupannya kelak.

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Cara Mendidik Anak Secara Islami”. Semoga pembahasan di atas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.


Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan