Daftar Investasi Syariah Yang Harus Kamu Coba

Assalamualaikum wr wb

Halo apa kabar semuanya? Semoga kabar kalian baik-baik saja hari ini. Kali ini admin akan membagi artikel mengenai Investasi Syariah. Bagaimana kamu penasaran kan? Oke simak penjelasannya dibawah ini.

Baca juga: “Sholat Taubat : Niat, Doa, Dan Keuatamaannya.”

Pengertian Investasi Syariah

Pengertian Investasi itu sendiri adalah melakukan sesuatu dimasa sekarang dengan harapan memperoleh imbal hasil di masa depan. Jadi bisa diartikan bahwa investasi syariah adalah kegiatan investasi yang sesuai atau berlandaskan dengan prinsip syariah, yakni harus terhindar dari unsur riba, gharar dan maysir. Zaman sekarang investasi merupakan hal yang harus dilakukan, karena investasi sangat bermanfaat ke depannya. Bayangkan saja jikalau kamu hanya menabung saja tanpa berinvestasi maka bisa dipastikan uangmu akan terus berkurang karena inflasi. Berikut ini adalah manfaat yang akan kamu peroleh jika kamu mau memulai investasi dari sekarang:

Manfaat Investasi Syariah

  1. Investasi yang sesuai syariat Islam. Manfaat pertama yang akan kamu peroleh yakni investasi yang sesuai dengan syariat Islam. Investasi syariah merupakan jenis investasi yang berlandaskan hukum Islam yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadist.
  2. Terbebas dari Unsur Riba, Gharar, dan Maysir. Banyak sekali umat muslim yang enggan untuk berinvestasi karena mengandung unsur riba, gharar, serta maysir yang memang sangat dilarang oleh agama. Namun dengan adanya investasi syariah maka umat muslim bisa memulai investasi tanpa rasa takut, karena didalam investasi syariah sudah tidak mengandung unsur riba, gharar, serta maysir.
  3. Memperoleh Return. Ini adalah manfaat serta tujuan dari berinvestasi yakni memperoleh keuntungan atau imbal hasil di masa yang akan datang. Besar kecilnya Keuntungan yang akan kamu peroleh nanti tergantung dari jenis investasi apa yang akan kamu jalankan. Perlu di ingat bahwa dalam investasi ada istilah High Risk High Return yang artinya semakin besar resiko yang kamu tanggung maka akan semakin besar pula keuntungan yang akan kamu peroleh.

Itu tadi adalah manfaat dari Investasi Syariah. Setelah kamu tahu manfaat dari investasi syariah, sekarang pertanyaannya apakah kamu ingin memulai berinvestasi? Jika ya, berikut adalah daftar investasi syariah yang harus kamu coba untuk memutarkan uangmu:

Baca juga: “Sholat Istisqa: Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya.”

Daftar Investasi Syariah

  1. Investasi Saham Syariah. Saham syariah merupakan surat berharga yang konsep penyertaan modal serta bagi hasilnya tidak bertentangan syariat Islam. Jika kamu berinvestasi di saham syariah maka kamu akan memperoleh dua keuntungan yakni capital gain dan dividen. Capital gain merupakan keuntungan yang didapat dari selisih harga beli dengan harga jual namun dengan syarat harga jualnya harus lebih tinggi dari harga belinya. Sedangkan dividen merupakan keuntungan dari perusahaan yang dibagikan kepada para pemegang sahamnya sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki. Namun Investasi di saham syariah mempunyai resiko yang tinggi, jadi investasi jenis ini sangat cocok bagi kamu yang menerapkan istilah High Risk High Return.
  2. Reksa Dana Syariah. Resak dana syariah merupakan suatu wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat yang kemudian dana tersebut dikelola oleh manager investasi, namun dalam prosesnya harus sesuai dengan prinsip syariah. Investasi resak dana ini sangat cocok bagi kamu yang baru mengenal dunia investasi. Untuk modal memulai investasi resak dana syariah juga tidak besar yakni dengan modal Rp 10.000 saja kamu sudah bisa memulai berinvestasi.

Bagaimana kamu tertarik dengan jenis investasi yang mana nih? Investasi di saham syariah atau di resak dana syariah? Jika kamu ingin memperoleh keuntungan yang besar namun dengan resiko yang besar pula maka investasi di saham syariah adalah pilihan yang tepat bagi kamu. Namun bagi kamu yang masih pemula dalam dunia investasi serta tidak menginginkan resiko yang tinggi maka resak dana syariah adalah cocok untukmu.

Demikian pembahasan mengenai “Investasi Syariah Yang Harus Kamu Coba”, semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

Tinggalkan Balasan