Tips Agar Kita Selalu Dekat Dengan Allah

Assalamualaikum wr wb

Halo semua apa kabar? Semoga kabar kamu hari ini baik-baik saja ya. Kali ini admin akan berbagi artikel tentang “Tips Agar Kita Selalu Dekat Dengan Allah”. Bagaimana kamu tertarik tidak? Jika ya, yuk simak pembahasan artikel di bawah ini.

Baca juga: “Jumlah Pintu Surga.”

Pernah tidak terbayang di pikiran kita, sebenarnya kita hidup di dunia ini untuk apa? Alasannya apa? Terus tujuannya apa? Namun bagi seorang muslim pastilah tahu semua jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut yakni Menyembah Allah Subhanahu wata’ala. Allah Subhanahu wata’ala berfirman dalam Surat Az-Zariyat Ayat 56:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Artinya: “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

Dengan penjelasan ayat diatas sekarang kita semua tahu kan alasan serta tujuan kita hidup didunia ini untuk apa. Meskipun kita semua tahu tentang tujuan serta alasan kita hidup didunia namun masih ada saja hal-hal yang dapat mengakibatkan kita lalai. Oleh karena itu kita perlu fokus tentang hal ini agar kita bisa kembali ke jalan yang benar serta di ridhoi oleh Allah Subhanahu wata’ala.

Dalam artikel ini admin akan berbagi beberapa tips yang bermanfaat agar kita bisa selalu dekat dengan Allah dan tidak lalai dari-Nya. Perlu kamu tahu bahwa orang-orang yang lalai itu bisa dikategorikan menjadi dua kelompok yakni; Pertama, mereka yang tidak mempercayai Allah, Malaikat-malaikat Allah, Kitab-kitab Allah, Rasul-rasul Allah, Hari Akhir, kemudian Qada dan Qadhar, Serta yang Kedua, mereka mengaku beriman kepada Allah, Malaikat-malaikat Allah, Kitab-kitab Allah, Rasul-rasul Allah, Hari Akhir, lalu Qada dan Qadhar namun mereka tidak beribadah kepada Allah melainkan mereka malah terperdaya dengan kenikmatan dunia yang sesaat yang pada akhirnya mereka terjebak di dalamnya.

Baca juga: “Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi.”

Oleh karena itu kita perlu mempertebal keimanan kita kepada Allah Subhanahu wata’ala agar kita tidak menjadi golongan orang-orang yang lalai. Berikut ini adalah Beberapa Tips Agar kita selalu dekat dengan Allah dan terhindar dari sifat lalai.

Tips Agar Selalu Dekat Dengan Allah

Pertama, Laksanakan Sholat Wajib Secara Tepat Waktu. Sholat merupakan salah satu perintah Allah kepada para hambanya maka dengan sholat inilah kita bisa selalu dekat dengan-Nya. Allah berfirman dalam Surat Al Baqarah Ayat 238:

حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَىٰ وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ

Artinya: “Peliharalah semua shalat(mu), dan (peliharalah) shalat wusthaa. Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu’.

Kedua, Berdzikir setiap pagi dan malam. Salah satu cara agar kita bisa lebih dekat dengan Allah yakni selalu berdzikir kepada-Nya baik pagi hari maupun malam hari.

Ketiga, Membaca Al Quran setiap hari. Al Quran merupakan kitab suci yang menjadi pedoman hidup kita didunia ini. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk membaca Al Quran setiap hari agar kita bisa mendapat ganjaran berupa pahala dari Allah Subhanahu wata’ala.

Keempat, Selalu bersyukur Kepada Allah Subhanahu wata’ala. Apapun yang di berikan Allah kepada kita maka kita patut bersyukur agar nikmat yang diberikan semakin bertambah. Allah Subhanahu wata’ala berfirman dalam Surat Al Baqarah Ayat 152:

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

Artinya: “Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

Kelima, Selalu Ingat Kematian. Perlu diketahui bahwa kita hidup didunia ini hanya sementara dan kematian merupakan suatu hal yang pasti akan terjadi dan di alami oleh semua manusia yang hidup di dunia ini. Allah Subhanahu wata’ala berfirman dalam Surat An Nisa Ayat 78:

أَيْنَمَا تَكُونُوا يُدْرِكْكُمُ الْمَوْتُ وَلَوْ كُنْتُمْ فِي بُرُوجٍ مُشَيَّدَةٍ ۗ وَإِنْ تُصِبْهُمْ حَسَنَةٌ يَقُولُوا هَٰذِهِ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۖ وَإِنْ تُصِبْهُمْ سَيِّئَةٌ يَقُولُوا هَٰذِهِ مِنْ عِنْدِكَ ۚ قُلْ كُلٌّ مِنْ عِنْدِ اللَّهِ ۖ فَمَالِ هَٰؤُلَاءِ الْقَوْمِ لَا يَكَادُونَ يَفْقَهُونَ حَدِيثًا

Artinya: “Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendatipun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan: “Ini adalah dari sisi Allah”, dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan: “Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad)”. Katakanlah: “Semuanya (datang) dari sisi Allah”. Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikitpun?

Kesimpulan

Mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wata’ala adalah suatu keharusan bagi kita, karena dengan melakukan hal tersebut maka hidup kita akan menjadi lebih tentram dan damai. Karena hidup didunia ini hanyalah sementara dan kita suatu saat nanti pasti akan kembali kepada Allah Subhanahu wata’ala, maka mari pertebal iman kita dengan cara mentaati semua perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya agar suatu saat nanti kita menjadi golongan orang-orang yang beruntung, Amin.

Demikianlah artikel ini dibuat, jika ada kesalahan saya mohon maaf. Sekian dari Admin dan terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *