fbpx

Hai teman, bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Doa Agar Terhindar Dari Hutang”. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: “Hutang Dalam Pandangan Islam

Apa Itu Hutang?

Hutang secara umum yakni suatu transaksi yang dilakukan oleh 2 orang dimana orang pertama (sebagai pemberi pinjaman) menyerahkan sejumlah uang kepada orang yang kedua (sebagai penerima pinjaman) dengan cara sukarela, namun orang kedua wajib mengembalikan pinjaman uang tersebut kepada orang pertama pada saat jatuh tempo.

Sedangkan dalam Islam hutang itu dikenal dengan nama Al-Qardh yang mempunyai arti memotong sedangkan di dalam istilah hutang adalah memberikan sejumlah harta kepada orang yang membutuhkan, yang mana kelak harta tersebut akan dikembalikan lagi kepada orang yang sudah memberikan hartanya tersebut.

Baca juga: “Doa Ketika Sedang Sakit

Segerakan Untuk Melunasi Hutang

Jika dirasa sudah mampu untuk melunasi hutang maka segeralah untuk membayarnya. Sebab jika menunda dalam membayar hutang padahal ia mampu, maka itu termasuk dalam bentuk kezaliman. Hal ini sesuai dengan hadist berikut, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya:

Menangguhkan utang orang yang mampu adalah suatu kezaliman. Dan, apabila diantara kamu sekalian itu dibayar oleh orang yang mampu dengan cara cicilan maka terimalah yang demikian itu.” (Hadist ini diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

Jika berhutang maka harus dibarengi dengan niat untuk melunasinya atau mencicilnya sesuai dengan perjanjian, maka Allah akan memberikan rezeki agar bisa membayar atau melunasi hutang tersebut.

Sedangkan Orang yang dengan sengaja tidak mau membayar hutang maka itu adalah dosa. Sebab tidak mau membayar hutang itu seperti merampas harta milik orang lain dengan cara yang tidak baik. Oleh karena itu wajib hukumnya untuk membayar hutang sesuai dengan akad yang sudah disepakati.

Baca juga: “Pengertian Berdusta Dan Bahaya Perilaku Dusta

Bagaimana Doa Agar Terhindar Dari Hutang?

Hutang memang perkara yang tidak mudah sebab jika seseorang tidak mau membayar hutangnya padahal ia mampu maka ia termasuk orang yang zalim. Oleh karena itu sebaiknya sebisa mungkin untuk menghindari hutang. Berikut dibawah ini adalah doa agar bisa terhindar dari hutang.

A. Bacaan Doa Agar Terhindar Dari Hutang Arab

doa agar terhindar dari hutang

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

B. Bacaan Doa Agar Terhindar Dari Hutang Latin

“Allahumma inni audzu bika minal Hammi wal hazan, wa audzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa audzu bika minal jubni wal bukhl, wa audzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.”

C. Arti Bacaan Doa Agar Terhindar Dari Hutang

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan ¸aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan penindasan orang-orang.”

Baca juga: “Rendah Hati Dalam Pandangan Islam

Kesimpulan

Berhutang memang diperbolehkan dalam Islam, namun berhutanglah ketika dalam keadaan yang mendesak atau memang benar-benar membutuhkan serta jangan jadikan kegiatan berhutang sebagai suatu kebiasaan. Apabila berhutang maka segeralah untuk melunasinya jika mampu, sebab jika dengan sengaja tidak mau melunasinya maka itu sama saja dengan mengambil paksa harta orang lain.

Baca juga: “Perbedaan Nabi dan Rasul

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Doa Terhindar dari Hutang”. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kategori: Doa

Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan