Doa Ketika Sedang Sakit

  • Mas Bayu 
doa-ketika-sakit

Hai teman, bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Doa Ketika Sakit”. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: “Pengertian Berdusta Dan Bahaya Perilaku Dusta

Apa Itu Sakit?

Sakit adalah rasa kurang mengenakkan atau nyeri yang sering dialami oleh setiap manusia. Semua manusia pasti merasakan sakit entah itu sakit secara psikis maupun fisik. Pada dasarnya setiap penyakit yang menimpa umat muslim merupakan salah satu ujian dari Allah Subhanahu wata’ala. Oleh karena itu umat muslim diharuskan bersabar jika dirinya ditimpa oleh suatu penyakit.

Selain bersabar, umat muslim juga diwajibkan untuk berikhtiar mencari jalan kesembuhannya. Seperti istirahat yang cukup, meminum obat, dan lain sebagainya agar penyakit yang di deritanya tersebut bisa sembuh. Selain melakukan hal tersebut umat Islam juga sangat dianjurkan untuk berdoa ketika sakit, agar penyakitnya bisa sembuh atas izin Allah.

Baca juga: “Rendah Hati Dalam Pandangan Islam

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Sedang Sakit?

1. Berdoa Kepada Allah

Berdoa merupakan suatu permohonan kepada Allah Subhanahu wata’ala. Pada saat terjangkit suatu penyakit maka hendaknya umat muslim dianjurkan untuk banyak-banyak berdoa kepada Allah untuk meminta kesembuhan. Dengan begitu jika Allah menghendaki maka penyakit tersebut bisa sembuh.

2. Bersabar Serta Ridha dengan Ketetapan Allah

Alangkah lebih baik jika seorang muslim yang ditimpa suatu penyakit ia bersabar serta ridha dengan ketetapan Allah. Serta selalu berprasangka baik kepada Allah dengan meyakini bahwa ketetapan Allah itu merupakan yang terbaik. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya:

Sungguh menakjubkan urusan seorang mukmin, semua urusannya adalah baik baginya. Hal ini tidak didapatkan kecuali pada diri seorang mukmin. Apabila mendapatkan kesenangan, dia bersyukur, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya. Sebaliknya apabila tertimpa kesusahan, dia pun bersabar, maka yang demikian itu merupakan kebaikan baginya.” (Hadist ini diriwayatkan oleh Muslim)

3. Pergi Berobat

Setelah berdoa, orang yang sedang sakit juga diharuskan berikhtiar untuk mencari jalan agar dirinya bisa sembuh yakni salah satunya dengan pergi berobat. Berobat disini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti mengunjungi orang yang ahli dalam masalah penyakit atau yang sekarang ini dikenal dengan dokter atau bisa juga dengan membeli suatu obat.

Baca juga: “Perbedaan Nabi dan Rasul

Doa Ketika Sakit

Berikut ini adalah doa ketika sedang dalam keadaan sakit.

doa ketika sedang sakit

اَللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ، أَذْهِبِ اْلبَأْسَ، وَاشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِيْ، لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Artinya: “Ya Allah Rabb manusia, hilangkanlah penyakit dan sembuhkanlah karena hanya Engkaulah Yang Maha Menyembuhkan, tiada kesembuhan melainkan kesembuhan darimu, kesembuhan yang tidak meninggalkan sedikit pun penyakit.” (Hadist ini diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

Baca juga: “Menuntut Ilmu Dalam Pandangan Islam

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Doa Ketika Sakit”. Semoga pembahasan diatas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tag: