fbpx

Hai teman, bagaimana kabar kalian?, semoga sehat dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Doa ketika turun hujan arab dan latin lengkap beserta artinya.” Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Hujan

Hujan adalah salah satu peristiwa alam yang sering terjadi di Indonesia yang beriklim tropis. Hujan juga merupakan suatu berkah dan anugrah dari Allah Subhanahu wata’ala kepada para manusia.

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنَّكَ تَرَى الْأَرْضَ خَاشِعَةً فَإِذَا أَنْزَلْنَا عَلَيْهَا الْمَاءَ اهْتَزَّتْ وَرَبَتْ ۚ إِنَّ الَّذِي أَحْيَاهَا لَمُحْيِي الْمَوْتَىٰ ۚ إِنَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda-Nya (Ialah) bahwa kau lihat bumi kering dan gersang, maka apabila Kami turunkan air di atasnya, niscaya ia bergerak dan subur. Sesungguhnya Tuhan Yang menghidupkannya, Pastilah dapat menghidupkan yang mati. Sesungguhnya Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (Al Quran Surah Fussilat Ayat 39)

Oleh karena itu kita sebagai manusia hendaknya bersyukur kepada Allah atas nikmat hujan yang Allah berikan.

Baca juga: “Apa itu Ghibah?

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kepada umatnya agar senantiasa berdoa ketika hujan sedang turun. Baik itu hujan biasa maupun hujan lebat. Adapun di dalam doanya berisi ungkapan rasa syukur, meminta rahmat, serta agar senantiasa dijauhkan dari musibah.

Doa Ketika Turun Hujan

Berikut ini adalah doa ketika turun hujan baik arab maupun latinnya.

Doa Ketika Hujan Turun

Bacaan Arab

اَللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

Bacaan Latin

Allahumma shoyyiban nafi’an

Artinya: “Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat” (HR. Bukhari)

Dalam doa ini dijelaskan bahwa ketika turun hujan kita meminta kepada Allah agar hujan yang turun itu mendatangkan manfaat, yakni hujan yang membawa berkah bagi makhluk yang hidup di bumi. Sebab pada dasarnya hujan itu mendatangkan rahmat dan berkah dari Allah bagi semua makhluk yang hidup di bumi.

Baca juga: “Berhijab Bagi Kaum Wanita

Doa Ketika Turun Hujan Lebat

Doa Ketika Hujan Lebat

Berikut ini adalah doa ketika turun hujan lebat baik arab maupun latin.

Bacaan Arab

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Bacaan Latin

Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: “Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR. Bukhari)

Kadangkalanya hujan juga bisa terjadi begitu lebat yang berakibat terjadinya suatu bencana bagi segolongan orang seperti banjir. Banjir memang merugikan manusia sebab bencana tersebut dapat menghanyutkan rumah, harta benda, serta bahkan nyawa.

Hal yang sebaiknya dilakukan ketika hujan lebat adalah berdoa. Didalam doa tersebut kita meminta kepada Allah kebaikan dan manfaat dari hujan serta meminta perlindungan dari kemudharatan atau musibah yang ditimbulkannya.

Baca juga: “Berbakti Kepada Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Doa Setelah Turun Hujan

Doa Setelah Turun Hujan

Bacaan Arab

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللَّهِ وَرَحْمَتِهِ

Bacaan Latin

Muthrna bi Fadhlillaahi wa Rahmatihi.

Artinya: “Kita diberi hujan karena karunia dan rahmat-Nya.” (HR. Bukhari)

Amalan Yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Sedang Turun Hujan

Berikut adalah amalan yang bisa dilakukan ketika turun hujan.

A. Bersyukur Kepada Allah Atas Nikmat Turunnya Hujan

Hujan merupakan sebuah nikmat yang Allah berikan kepada para manusia, oleh sebab itu kita seharusnya bersyukur kepada Allah atas nikmat tersebut. Salah satu cara untuk bersyukur atas nikmat hujan yang Allah turunkan yakni dengan membaca doa diatas.

B. Jangan Mencela Turunnya Hujan

Hujan merupakan suatu anugrah dari Allah, maka dari itu kita sangat dianjurkan untuk tidak mencela hujan hanya karena kepentingan pribadi.

Kadang tanpa disadari ketika ingin pergi keluar tiba-tiba mendung datang dan hujan pun turun, lalu dengan tanpa disengaja lisan kita mengucap “Kok hujan sih!, Hujan Lagi-Hujan Lagi.”

Tanpa kamu sadari bahwa ucapan tersebut dicatat lho sama para malaikat ke dalam catatan amal, Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلَّا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ

Artinya: “Tiada suatu ucapanpun yang diucapkannya melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (Al Quran Surah Qaf Ayat 18)

Oleh karena itu selalu jaga lisan, agar ucapan yang baik-baik saja yang keluar.

Sekian pembahasan mengenai “Doa Ketika Hujan Arab dan Latin beserta Artinya”. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kategori: Doa

Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan