Fitnah dalam Islam

Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakaatuh

Halo semua apa kabar? Semoga kabar kamu hari ini baik-baik saja ya. Kali ini admin akan berbagi artikel tentang “Fitnah”. Bagaimana kamu tertarik tidak? Jika ya, yuk simak pembahasan artikel di bawah ini.

Baca juga: “Boros: Pengertian, Bahaya, dan Cara Menghindarinya.”

Pengertiannya

Pengertian Fitnah adalah tuduhan yang sangat keji kepada orang lain mengenai suatu perbuatan, namun sebenarnya orang yang dituduh tersebut tidak pernah melakukan perbuatan yang telah dituduhkan kepadanya. Biasanya orang yang terkena fitnah akan tercemar nama baiknya, yang mana hal ini akan membuat sebuah opini masyarakat menjadi negatif kepada orang yang terkena fitnah. Karena dampaknya yang besar bagi orang yang terkena fitnah, maka bisa diartikan bahwa fitnah itu lebih kejam dari pada pembunuhan. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman dalam Al Quran Surat Al-Baqarah Ayat 191:

وَاقْتُلُوهُمْ حَيْثُ ثَقِفْتُمُوهُمْ وَأَخْرِجُوهُمْ مِنْ حَيْثُ أَخْرَجُوكُمْ ۚ وَالْفِتْنَةُ أَشَدُّ مِنَ الْقَتْلِ ۚ وَلَا تُقَاتِلُوهُمْ عِنْدَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ حَتَّىٰ يُقَاتِلُوكُمْ فِيهِ ۖ فَإِنْ قَاتَلُوكُمْ فَاقْتُلُوهُمْ ۗ كَذَٰلِكَ جَزَاءُ الْكَافِرِينَ

Artinya: “Dan bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka telah mengusir kamu (Mekah); dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan, dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil Haram, kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. Jika mereka memerangi kamu (di tempat itu), maka bunuhlah mereka. Demikanlah balasan bagi orang-orang kafir.”

Bahaya Yang Mungkin Bisa Ditimbulkan Dari Sifat Ini

Selain itu sifat yang satu ini juga bisa mendatangkan bahaya atau dampak buruk bagi para pelakunya jika mereka belum bertobat. Berikut ini adalah bahayanya:

  1. Orang yang suka menyebar fitnah akan membuat hidupnya menjadi sengsara.
  2. Dapat menimbulkan banyak keresahan di masyarakat.
  3. Dapat memecah belah umat.
  4. Dapat memutuskan tali silaturahmi.
  5. Akan mendapat siksaan yang pedih dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

Ciri-Ciri Fitnah

Agar kamu bisa lebih mengenali sifat yang tercela ini, berikut ini adalah ciri-cirinya yang bisa kamu ketahui.

  1. Suka menuduh orang lain tanpa bukti yang jelas.
  2. Senang membicarakan kejelekan orang lain dari belakang.
  3. Suka menghalalkan segala cara agar tujuannya tercapai.
  4. Merasa senang jika orang lain mengalami kegagalan.

Baca juga: “Suudzon: Pengertian, Ciri, dan Cara Menghindarinya.”

Cara Menghindarinya

Fitnah merupakan sifat yang sangat tercela. Oleh karena itu kita sebagai seorang muslim wajib untuk menghindarinya. Berikut ini adalah tips agar kita bisa menghindari sifat ini.

  1. Pilihlah teman yang baik.
  2. Jangan biasakan diri untuk menggosip atau mendengarkan gosip.
  3. Selalu tumbuhkan rasa kasih dan sayang antar sesama manusia.
  4. Selalu biasakan diri untuk berbicara yang baik-baik.
  5. Berdoalah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar dihindarkan dari sifat tercela ini.

Kesimpulan

Fitnah adalah sifat yang tercela serta harus dihindari sejauh mungkin. Sebab jika kamu memiliki sifat ini maka bersiaplah dengan dampak buruk yang akan kamu peroleh seperti yang sudah disebutkan diatas. Oleh karena itu segeralah bertobat dan meminta ampun kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar kamu tidak memperoleh dosa.

(Dan perlu diingat bahwa semua ini Hanya Allah Yang Mengetahui)

Demikianlah Artikel ini dibuat, semoga bermanfaat, namun jika ada kesalahan admin mohon maaf. Sekian dari admin dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakaatuh

Tinggalkan Balasan