Sifat Ghibah atau Menggunjing

Assalamualaikum wr wb

Halo semua apa kabar? Semoga kabar kamu hari ini baik-baik saja ya. Kali ini admin akan berbagi artikel tentang “Sifat Ghibah atau Gosip”. Bagaimana kamu tertarik tidak? Jika ya, yuk simak pembahasan artikel di bawah ini.

Baca juga: “Sifat Kikir: Pengertian, Ciri, Cara Menghindarinya.”

Pengertian Ghibah

Ghibah merupakan pembicaraan yang dilakukan seseorang tentang kejelekan atau keburukan orang lain. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam juga pernah bersabda mengenai ghibah yang artinya:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwasannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “’Tahukah kalian apa itu ghibah?’ Lalu sahabat berkata: ‘Allah dan rasulNya yang lebih tahu’. Rasulullah bersabda: ‘Engkau menyebut saudaramu tentang apa yang dia benci’. Beliau ditanya: ‘Bagaimana pendapatmu jika apa yang aku katakan benar tentang saudaraku?’ Rasulullah bersabda: ‘jika engkau menyebutkan tentang kebenaran saudaramu maka sungguh engkau telah ghibah tentang saudaramu dan jika yang engkau katakan yang sebaliknya maka engkau telah menyebutkan kedustaan tentang saudaramu.’” (HR. Muslim no. 2589)

Ghibah sangatlah dilarang oleh agama, karena jika itu sampai dilakukan maka akan sama halnya seperti memakan daging saudaranya yang telah mati. Allah Subhanahu wata’ala berfirman dalam Al Quran Surat Al Hujurat Ayat 12:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Baca juga: “Hasad: Pengertian, Ciri, dan Cara Menghindarinya.”

Bahaya Ghibah

Ghibah merupakan sifat yang sangat tercela, bahkan sifat ini sangat berbahaya baik untuk diri sendiri maupun orang lain yang dibicarakan. berikut ini adalah bahaya yang mungkin dapat timbul akibat ghibah.

  1. Memutus tali silaturahmi .
  2. Hati bisa menjadi keras.
  3. Menimbulkan permusuhan antar sesama.
  4. Mendapatkan murka dari Allah Subhanahu wata’ala.
  5. Menyebabkan seseorang tidak takut dalam berbuat maksiat.

Ciri-Ciri Ghibah

Berikut adalah ciri-ciri orang yang suka menggunjing yang kamu perlu tahu.

  1. Suka menceritakan keburukan orang lain di belakang.
  2. Suka mengadu domba.
  3. Senang mendengar aib atau keburukan orang lain.
  4. Suka mempermalukan orang lain didepan umum.

Cara Menghindari Sifat Tercela Ini

Banyak sekali dampak buruk yang ditimbulkan dari sifat tercela ini. Oleh karena itu kita sebagai seorang muslim wajib untuk menghindarinya. Berikut ini adalah tips agar kita terhindar dari sifat ghibah

Pertama, Pilih teman yang baik. Dengan kamu berteman dengan orang yang baik maka secara tidak langsung kamu juga akan terpengaruh untuk berbuat yang baik pula. Namun jika kamu berteman dengan orang yang suka menggunjing maka kamu juga berpeluang untuk melakukan hal yang sama.

Kedua, Selalu ingat bahwa Menggunjing merupakan perbuatan yang tercela. Selalu tanamkan dalam diri kamu bahwa sifat ini merupakan kegiatan yang sangat buruk serta tidak ada manfaatnya.

Ketiga, Selalu dekat dengan Allah Subhanahu wata’ala. Berdoalah setiap hari kepada Allah Subhanahu wata’ala agar kamu bisa terhindar dari sifat menggunjing.

Kesimpulan

Jauhilah sifat suka menggunjing ini apalagi menggunjing saudaranya sendiri. Karena dosa yang ditimbulkan oleh sifat ini tergolong besar. Oleh sebab itu setiap muslim harus saling mengingatkan akan bahayanya sifat tercela ini.

(Dan perlu diingat bahwa semua ini Hanya Allah Yang Mengetahui)

Demikian artikel ini dibuat, jika ada kesalahan admin mohon maaf. Sekian dari admin dan terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

Tinggalkan Balasan