fbpx

Hai teman, bagaimana kabar kalian?, semoga sehat dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Hari Jumat”. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Apa Itu Hari Jumat?

Jumat merupakan hari yang ke enam dalam 1 minggu. Jumat berasal dari bahasa Arab yakni jumu’ah yang artinya beramai-ramai. Hal ini diambil dari ibadah umat muslim yang dilakukan pada hari tersebut. Kaum muslim terutama laki-laki pada hari jumat diwajibkan untuk melaksanakan sholat jumat secara berjamaah pada saat memasuki waktu dhuhur. Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَىٰ ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: “Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Al Quran Surah Al-Jumu’ah Ayat 9)

Baca juga: “Apa itu Puasa Ramadhan?

Terus Apa Keutamaannya?

Dalam Islam semua hari itu adalah baik, namun hari yang paling baik adalah hari jumat. Sebab di hari tersebut memiliki banyak sekali keutamaan, tidak heran memang jika hari jumat sangatlah istimewa dalam Islam.

Berikut ini adalah keutamaan serta keistimewaan hari jumat menurut pandangan Islam:

1. Jumat Merupakan Hari Yang Baik

keutamaan hari jumat

Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam yang artinya: “Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya (hari cerah) adalah hari Jumat, (karena) pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah akan datang hari kiamat kecuali pada hari Jumat.” (Hadits ini diriwayatkan oleh Muslim)

2. Waktu Dimana Dihapuskannya Dosa-Dosa

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya: “Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi diantara dua orang untuk dilewatinya, kemudian shalat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat.” (Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari)

3. Orang Yang Berjalan Berniat Untuk Melaksanakan Sholat Jumat Mendapat Pahala

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya: “Siapa yang mandi pada hari Jumat, kemudian bersegera berangkat menuju masjid, dan menempati shaf terdepan kemudian dia diam, maka setiap langkah yang dia ayunkan mendapat pahala puasa dan shalat selama satu tahun, dan itu adalah hal yang mudah bagi Allah,” (Hadits ini diriwayatkan oleh Ahmad dan Ashabus Sunan, dinyatakan shahih oleh Ibnu Huzaimah)

Baca juga: “Hutang Dalam Pandangan Islam

Amalan Apa Yang Dianjurkan?

Amalah apa sih yang dianjurkan pada hari tersebut? Berikut adalah amalan yang sebaiknya dilakukan pada hari jumat yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Membaca Shalawat.

Membaca shalawat untuk Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam memiliki banyak sekali manfaat bagi umat muslim yang membacanya. Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Al Quran Surah Al-Ahzab Ayat 56)

2. Laksanakan Sholat Jumat Berjamaah

Salah satu ibadah yang diwajibkan bagi umat muslim terutama laki-laki adalah pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat jumat.

3. Perbanyak Berdoa

Sangat dianjurkan untuk berdoa pada hari jumat sebab pada hari itu terdapat waktu yang mustajab. “Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (Hadist ini diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, dari sahabat Abu Hurairah).

Baca juga: “Doa Ketika Turun Hujan

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Hari Jumat”. Semoga pembahasan diatas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.


Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan