Hari Kiamat

Pernahkah kalian mendengar apa itu hari kiamat? Pasti diantara kalian sudah pada tahu kan tentang hari-hari dimana semua alam semesta ini akan hancur. Akan tetapi, jikalau ada yang belum tahu mari kita bahas bersama-sama.

Pengertian Hari Kiamat

Hari kiamat merupakan sebuah hari dimana alam beserta seluruh isinya akan dihancurkan atau dimusnahkan yang di awalai dengan tiupan terompet sangkakala oleh malaikat Israfil, dan pada saat itu semua makhluk ciptaan Allah Subhanahu wata’ala akan mati dan hanya Allah yang Maha Hidup. Perlu kalian tahu bahwa kiamat itu ada 2 macam yakni:

  1. Kiamat Sughra (kiamat kecil) merupakan peristiwa-peristiwa yang terjadi pada alam semesta, misal; meninggalnya seseorang, bencana alam seperti tanah longsor, gunung meletus, tsunami, dll.
  2. Kiamat Kubra (kiamat besar) merupakan suatu peristiwa hancurnya alam semesta dengan semua isinya, termasuk bumi matahari dan planet-planet lainnya.

Tanda-Tanda Kiamat

Kiamat memiliki sebuah tanda-tanda sebelum terjadi, berikut adalah tanda-tanda hari kiamat yang perlu kalian ketahui:

  1.    . Keluarnya Dajjal
  2.    . Turunnya Nabi Isa
  3.    . Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj
  4.    . Keluarnya kabut asap
  5.    . Terbitnya matahari dari sebelah barat
  6.    . Keluarnya binatang melata
  7.      Keluarnya api yang menggiring semua manusia.

Itu tadi beberapa tanda-tanda hari kiamat yang perlu kalian ketahui. Sebenarnya masih banyak, akan tetapi itu tadi adalah tanda-tanda yang umum.

Dalil Tentang Hari Kiamat

Al Quran Surah Al-A’raf Ayat 187:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”.”

Baca juga:

Setelah hari kiamat sudah selesai dan semua makhluk hidup sudah mati, maka Allah Subhanahu wata’ala akan menghidupkan kembali semua makhluk yang sudah mati tersebut. Semua akan dikumpulkan ke padang Mahsyar. Disaat itulah Allah Subhanahu wata’ala mengadili semua makhluknya dengan seadil-adilnya. Mereka semua akan menerima catatan baik dan buruk yang telah mereka kerjakan ketika hidup di dunia. Setelah itu, mereka akan dimintai pertanggungjawaban atas semua amal perbuatan yang telah mereka lakukan.

Setelah mereka semua di adili maka Allah Subhanahu wata’ala akan memberikan balasan sesuai hasil perhitungan amalnya. Bagi yang selama hidup di dunia banyak mengerjakan amal sholeh maka balasan bagi mereka adalah Surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Sedangkan bagi mereka yang selama hidupnya mengerjakan amal buruk, maka tempat kembalinya adalah Neraka yaitu seburuk-buruknya tempat kembali. Itulah tadi proses yang akan dilalui semua makhluk ketika di yaumul Akhir. Kita sebagi seorang mukmin wajib hukumnya percaya akan datangnya hari kiamat, karena itu adalah termasuk rukun iman yang ke 5.

Demikianlah pembahasan kita mengenai hari kiamat, semoga bermanfaat, jangan lupa di share. Sekian terima kasih atas perhatiannya dan sampai jumpa lagi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *