fbpx

Assalamualaikum wr wb

Halo semua apa kabar? Semoga kabar kamu hari ini baik-baik saja ya. Kali ini admin akan berbagi artikel tentang “Pengertian Hasad dan Cara Menghindarinya”. Ok pasti kalian sudah gak asing kan dengan kata hasad, apa sih hasad itu?, oke lebih lengkapnya langsung aja simak artikel di bawah ini.

Dalam pergaulan sehari-hari, umat muslim harus membiasakan dan mengembangkan sifat terpuji. Hal itu akan menjalin hubungan yang serasi, persahabatan yang kokoh serta persaudaraan yang kuat diantara umat muslim yang juga disebut “Ukhuwah Islamiah”.

Di lain pihak umat islam harus mewaspadai serta menjauhi sikap perilaku tercela. Karena hal itu akan merusak pergaulan serta memutuskan tali silaturahmi. Dalam artikel berikut akan menjelaskan sifat tercela yaitu sifat Hasad. Bagaimana kamu tertarik tidak? Jika ya, yuk simak pembahasan artikel di bawah ini.

Baca Juga:

Pengertian Hasad

Hasad atau iri hati merupakan perasaan tidak suka atas nikmat Allah yang diberikan kepada orang lain, sehingga menginginkan agar nikmat yang diberikan kepada orang tersebut menghilang. Sifat hasad ini sangat dilarang oleh Allah Subhanahu wata’ala, seperti firman-Nya dalam Al Quran Surat An Nisa’ Ayat 32:

وَلَا تَتَمَنَّوْا مَا فَضَّلَ اللَّهُ بِهِ بَعْضَكُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۚ لِلرِّجَالِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبُوا ۖ وَلِلنِّسَاءِ نَصِيبٌ مِمَّا اكْتَسَبْنَ ۚ وَاسْأَلُوا اللَّهَ مِنْ فَضْلِهِ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

Artinya: “Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

Oleh karena itulah kita sebagai seorang muslim diharuskan untuk menghindari sifat iri dengki ini karena kalau dibiarkan maka akan menimbulkan banyak sekali bahaya. Berikut ini adalah bahaya yang mungkin dapat ditimbulkan dari sifat tercela ini.

Baca juga:

Bahaya Sifat Hasad

  1. Dapat menghancurkan kebaikan yang ada pada diri seseorang.
  2. Tidak suka dengan takdir yang Allah berikan.
  3. Dapat merusak persatuan dan kesatuan umat.
  4. Dapat melemahkan iman seseorang.
  5. Dapat merusak tali silaturahmi antar sesama.
  6. Menjadikan hidup menjadi tidak tenang.

Ciri-Ciri Hasad

Sifat yang satu ini juga memiliki ciri yang mungkin bisa kita kenali. Berikut ini adalah ciri-ciri Hasad.

  1. Tidak menyukai nikmat yang Allah berikan kepada orang lain.
  2. Ingin nikmat yang Allah berikan kepada orang lain cepat menghilang.
  3. Kikir atas karunia yang Allah berikan.
  4. Tidak mau tolong menolong antar sesama.
  5. Suka Ghibah atau gosip.

Contoh Perilaku Hasad

Orang yang mempunyai sifat ini akan tampak dari sikap dan perilakunya, karena sifat tersebut akan melahirkan sikap dan perilaku yang buruk lainnya. Adapun contohnya adalah sebagai berikut.

  • Suka iri dan dengki kepada orang lain.
  • Suka mencari kesalahan orang lain.
  • Suka melempar kesalahan kepada orang lain.
  • Senang melihat orang lain dalam kesulitan.

Baca Juga:

Cara Mengindari Sifat Hasad

Sudah sangat sewajarnya kita sebagai seorang muslim yang taat menghindari sifat yang sangat tercela ini. Sebab dampak yang ditimbulkan dari sifat ini juga tergolong besar, serta dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Oleh karena itu disini akan dibagikan beberapa tips agar terhindar dari sifat tercela yang satu ini, berikut adalah uraiannya.

Pertama, Selalu bersyukur atas nikmat yang Allah Subhanahu wata’ala berikan. Dengan banyak bersyukur maka kita dapat terhindar dari sifat hasad atau iri hati serta dengan banyak bersyukur maka nikmat yang kita peroleh akan ditambah oleh Allah Subhanahu wata’ala. Hal ini sesuai dengan firman-Nya dalam Al Quran Surat Ibrahim Ayat 7:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

Artinya: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.

Kedua, Banyak-Banyaklah Beribadah Kepada Allah Subhanahu wata’ala. Ingat tujuan kita diciptakan dan hidup didunia untuk apa? yakni beribadah hanya kepada Allah Subhanahu wata’ala. Allah Berfirman dalam Al Quran Surat Az Zariyat Ayat 56:

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Artinya: “Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

Dengan kita banyak beribadah kepada Allah Subhanahu wata’ala maka kita bisa terhindar dari sifat tercela yakni iri hati.

Ketiga, Selalu Berprasangka Baik kepada orang lain. Salah satu cara agar terhindar dari sifat tercela yakni dengan berprasangka baik kepada orang lain, serta selalu berfikiran positif akan segala sesuatu sehingga sifat iri dan dengki itu bisa hilang dari diri kita.

Keempat, Tanamkan dalam diri kita bahwa dengki merupakan suatu hal yang sia-sia. Ingat ya kawan bahwa hidup di dunia itu adalah sementara, apapun yang kita peroleh di dunia ini baik berupa harta benda atau kenikmatan yang lainnya bakalan musnah. Jadi mulai sekarang hindari sifat dengki ini karena sifat tersebut adalah hal yang sia-sia.

Kelima, Rajin-rajinlah bersilaturahmi . Yang terakhir agar terhindar dari sifat dengki yakni dengan cara bersilaturahmi dengan antar sesama. Dengan seringnya kita bersilaturahmi maka hal ini akan mempererat tali persaudaraan antar umat.

Baca juga:

Kesimpulan

Hasad merupakan sifat tercela yang harus kita tinggalkan, karena sifat tersebut dapat menyebabkan kita mendapatkan murka dari Allah. Oleh karena itu mari kita hindari sifat yang tercela ini agar kita menjadi seorang muslim yang taat.

والله أعلمُ

Demikianlah artikel ini dibuat jika ada kesalahan admin mohon maaf. Sekian dari admin dan terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.


Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan