Memahami Arti Iman Kepada Malaikat

Iman Kepada Malaikat

Hai teman, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga sehat selalu dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Malaikat”. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Pernahkah kamu mendengar kata Malaikat? Pasti kalian sering mendengarkannya ini bukan? Namun sebelumnya, tahukah kamu apa itu Malaikat? Terus apa tugas dari Malaikat itu? Lalu apa hikmah beriman kepada Malaikat? Kamu penasaran bukan, jika ya maka simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: “Tabligh: Pengertian, Manfaat, dan Ketentuannya

Pengertian Iman Kepada Malaikat

Iman itu sendiri memiliki arti percaya atau yakin, dalam segi istilah iman adalah meyakini setulus hati, mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dengan seluruh anggota badan. Sedangkan malaikat itu sendiri adalah makhluk gaib yang diciptakan oleh Allah Subhanahu wata’ala dari cahaya. Malaikat itu sangatlah patuh, taat, dan tidak pernah membangkang terhadap perintah-perintah Allah Subhanahu wata’ala.

Jadi dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengertian iman kepada malaikat adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah Subhanahu wata’ala menciptakan malaikat dari cahaya yang diutus untuk melaksanakan segala perintah-perintah-Nya.

Baca juga: “Dakwah: Pengertian, Manfaat, dan Ketentuannya

Hukum Beriman Kepada Malaikat

Beriman kepada malaikat hukumnya adalah wajib, sebab beriman kepada malaikat merupakan salah satu rukun iman. Hal ini sudah dijelaskan dalam Al-Quran sebagai berikut:

Surah Al-Baqarah Ayat 285

آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ ۚ كُلٌّ آمَنَ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ ۚ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا ۖ غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ

Artinya: “Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat”. (Mereka berdoa): “Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali”.”

Surah An-Nisa’ Ayat 136

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya.”

Baca juga: “Khutbah: Pengertian, Manfaat, dan Ketentuannya

Nama Malaikat dan Tugasnya

Jumlah malaikat itu sangat banyak, namun di sini hanya dibahas 10 nama malaikat beserta tugasnya. Berikut nama dari kesepuluh malaikat berserta tugasnya:

  1. Malaikat Jibril
    Malaikat Jibril itu juga dikenal sebagai penghulu para malaikat. Nama lain malaikat Jibril adalah Ruh al-Amin dan Ruh al-Qudus. Tugas utama malaikat Jibril adalah menyampaikan wahyu dari Allah Subhanahu wata’ala kepada para Nabi dan Rasul.
  2. Malaikat Mikail
    Malaikat Mikail adalah malaikat yang diberi tugas untuk mengatur urusan makhluk ciptaan Allah Subhanahu wata’ala. Tugasnya ialah mengatur air, menurunkan air hujan, membagikan rezeki kepada manusia, tumbuh-tumbuhan, hewan-hewan, serta makhluk lainnya di muka bumi.
  3. Malaikat Izrail
    Malaikat Izrail dikenal sebagai malaikat maut. Tugas dari malaikat Izrail adalah mencabut nyawa semua makhluk ciptaan Allah Subhanahu wata’ala termasuk malaikat Izrail itu sendiri.
  4. Malaikat Israfil
    Tugas dari malaikat Israfil adalah meniup sangkakala atas perintah dari Allah Subhanahu wata’ala. Pada saat sangkakala ditiup menandakan bahwa hari kiamat itu akan terjadi.
  5. Malaikat Munkar
    Malaikat Munkar adalah malaikat yang bertugas untuk menanyai manusia di alam kubur.
  6. Malaikat Nankir
    Malaikat Nankir mempunyai tugas yang sama dengan malaikat Munkar yakni menanyai manusia di alam kubur.
  7. Malaikat Raqib
    Malaikat Raqib bertugas untuk mencatat segala amal kebaikan manusia.
  8. Malaikat ‘Atid
    Malaikat ‘Atid bertugas untuk mencatat segala amal keburukan yang dilakukan oleh manusia.
  9. Malaikat Malik
    Malaikat Malik adalah malaikat yang bertugas di Neraka.
  10. Malaikat Ridwan
    Malaikat Ridwan adalah malaikat yang bertugas di Surga dan menyambut hamba Allah yang masuk kedalamnya dengan sangat ramah.

Hikmah Beriman Kepada Malaikat

Berikut ini adalah hikmah orang-orang yang beriman kepada malaikat:

  1. Menambah keimanan dan ketakwaaan kepada Allah Subhanahu wata’ala.
  2. Senantiasa selalu berhati-hati dalam berbuat sebab segala perbuatan itu diawasi oleh malaikat ciptaan Allah Subhanahu wata’ala.
  3. Menambah rasa syukur kepada Allah Subhanahu wata’ala.
  4. Menambah rasa ikhlas dalam beribadah kepada Allah Subhanahu wata’ala.
  5. Menumbuhkan rasa cinta terhadap amal sholeh karena setiap amal kebaikan yang dilakukan itu dicatat oleh malaikat.

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Malaikat”. Semoga pembahasan di atas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kenapa malaikat selalu taat kepada Allah sedangkan manusia tidak?

Karena malaikat diciptakan tidak diberi nafsu oleh Allah dengan begitu para malaikat menjadi taat dan patuh terhadap segala perintah Allah.

Mengapa kita harus beriman kepada malaikat?

Sebab beriman kepada malaikat merupakan salah satu rukun iman.

Tuliskan sebuah ayat yang menjelaskan mengenai gambaran malaikat!

الْحَمْدُ لِلَّهِ فَاطِرِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ جَاعِلِ الْمَلَائِكَةِ رُسُلًا أُولِي أَجْنِحَةٍ مَثْنَىٰ وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ ۚ يَزِيدُ فِي الْخَلْقِ مَا يَشَاءُ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: “Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan bumi, Yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (Surah Fatir Ayat 1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *