Keuntungan Investasi Saham Syariah

Assalamualaikum wr wb

Halo semua apa kabar? Semoga kabar kamu hari ini baik-baik saja ya. Kali ini admin akan berbagi artikel tentang “Keuntungan Investasi Saham Syariah”. Bagaimana kamu tertarik? Jika ya, simak pembahasan artikel di bawah ini.

Baca juga: “Daftar Investasi Syariah Yang Harus Kamu Coba.”

Pengertian Saham Syariah

Pertama-tama sebelum kamu mencari tahu tentang kenapa kamu harus berinvestasi di saham syariah, alangkah baiknya kamu tahu terlebih dahulu apa itu saham syariah? Pada dasarnya saham syariah itu sama dengan saham konvensional, namun yang membedakan ialah saham syariah mewajibkan perusahaan yang menerbitkan saham merupakan perusahaan yang kegiatan operasional tidak melanggar prinsip islam, seperti perusahaan tidak melakukan kegiatan yang mengandung unsur riba, produknya halal, tidak melakukan praktek perjudian, kegiatan perdagangannya tidak melanggar syariat islam, total hutang berbasis bunga tidak lebih dari 45% dari total asetnya, serta total pendapatan bunga atau pendapatan tidak halal lainnya tidak lebih dari 10 % dari total pendapatan usaha. Bagaimana kamu sudah mengetahui kan apa itu saham syariah. Apakah kamu tertarik untuk berinvestasi di saham syariah? Jika iya berikut adalah tips untuk kamu yang ingin investasi saham syariah.

Tips Investasi Saham Syariah

  1. Kenali dulu saham yang ingin kamu miliki. Ini sangat penting bagimu jika ingin memulai investasi saham, sebab investasi saham syariah maupun konvensional tetap memiliki resiko, oleh sebab itu kamu perlu mengenal lebih dekat tentang saham yang ingin dibeli dengan cara melihat kinerja laporan keuangan perusahaan.
  2. Pastikan bahwa perusahaan yang kamu miliki sahamnya terbebas praktik-praktik yang tidak sesuai dengan prinsip syariah. Untuk melihat apakah saham itu masuk kategori saham syariah atau bukan sekarang sangatlah mudah yakni kamu hanya perlu melihat di daftar indeks Jakarta Islamic Index (JII) ataupun Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI).
  3. Datangi perusahaan sekuritas untuk membuka akun. Ini adalah langkah terakhir jika kamu sudah mengikuti tips di atas, karena untuk investasi saham kita diharuskan mempunyai akun di perusahaan sekuritas. Namun sekarang untuk pembukaan akun di perusahaan sekuritas sangat mudah dan tidak perlu datang langsung ke kantornya karena pembukaan akun bisa dilakukan secara online di rumah.

Baca juga: “Sholat Hajat : Niat, Doa, dan Keutamaan.”

Itu tadi adalah tips investasi di saham syariah, bagaimana kamu sekarang sudah semakin paham kan tentang investasi saham syariah? Akan tetapi kamu juga pasti akan bertanya-tanya apa sih keuntungan berinvestasi di saham syariah dibanding berinvestasi di saham konvensional?. Berikut adalah keuntungan yang akan kamu peroleh jika berinvestasi di saham syariah.

Pertama, Investasi yang sesuai dengan ajaran agama. Saham syariah yang tercatat di Bursa Efek Indonesia adalah halal oleh Majelis Ulama Indonesia.

Kedua, saham syariah juga ada yang tergolong saham blue chip. Saham blue chip bisa diartikan sebagai saham dengan kapitalisasi pasar yang besar jadi akan jauh lebih aman jika kamu bisa memiliki saham blue chip.

Ketiga, memperoleh keuntungan yang sama dengan saham konvensional yakni berupa capital gain dan dividen. Baik investasi di saham syariah maupun saham konvensional sama-sama memperoleh dua keuntungan yakni capital gain dan dividen, namun kelebihan saham syariah yakni merupakan salah satu jenis investasi yang halal bagi umat muslim.

Bagaimana kamu tertarik untuk berinvestasi di saham syariah? Kalau kamu tertarik langsung saja buka akun di perusahaan sekuritas yang kamu percayai dan mulailah berinvestasi. Demikianlah artikel mengenai Investasi Saham Syariah, sekian dari admin dan terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

Tinggalkan Balasan