5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Jenazah

5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Jenazah

Setiap yang hidup pasti akan merasakan mati. Kematian merupakan suatu hal yang pasti akan dialami oleh semua umat manusia, baik laki-laki maupun perempuan. Ajal juga tidak memandang usia apakah orang tersebut berusia muda atau sudah tua, juga tidak memandang status sosial baik itu orang kaya maupun orang miskin semua pasti akan merasakan mati. Jadi sudah siapkah kalian semua?

Baca juga: “Beriman Kepada Kitab Allah

Orang yang sudah terpisah antara jasad atau tubuh dengan rohnya itu biasanya disebut dengan jenazah. Namun tuhukah kamu ada beberapa hal penting yang harus kamu tahu tentang jenazah ini. Apa itu? Berikut di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya.

1. Merawat Jenazah Orang Yang Sudah Meninggal Dunia

Apabila ada orang yang sudah meninggal dunia maka kita sebagai orang yang masih hidup itu wajib untuk merawatnya. Adapun beberapa hal yang harus segera dilakukan apabila ada orang yang meninggal yakni yang pertama adalah memandikan, kedua mengkafani, ketiga menshalatkan, keempat menguburkan.

Baca juga: “Memahami Arti Iman Kepada Malaikat

2. Memandikan Jenazah Orang Yang Sudah Meninggal

Sebelum dikafani, dishalatkan, dan dikuburkan jenazah tersebut harus dimandikan terlebih dahulu. Namun Banyak juga orang yang bertanya kenapa jenazah itu harus dimandikan terlebih dahulu? Hal ini dikarenakan sebelum jenazah itu dikuburkan itu harus dishalatkan terlebih dahulu, nah kita kan sudah mengetahui bahwa orang yang hendak sholat itukan harus suci terlebih dahulu. Oleh karena itulah alasan mengapa jenazah itu harus dimandikan sebelum dishalatkan agar jenazah tersebut suci dan bersih.

Namun ketika memandikan jenazah itu ada syarat-syaratnya yakni jenazah tersebut adalah orang Islam, ada tubuhnya walaupun sedikit, tidak dalam kondisi mati syahid. Sedangkan orang yang berhak untuk memandikan jenazah adalah sebagai berikut apabila jenazah tersebut adalah laki-laki maka yang memandikannya adalah orang laki-laki, atau jika orang tersebut sudah memiliki istri atau memiliki mahram maka istri dan mahramnya berhak untuk memandikannya. Namun apabila jenazah tersebut adalah perempuan maka yang memandikannya adalah orang perempuan, atau jika orang tersebut sudah memiliki suami atau memiliki mahram maka suami dan mahramnya berhak untuk memandikannya.

Baca juga: “Tabligh Dalam Islam

3. Mengkafani Jenazah Orang Yang Sudah Meninggal

Setelah dimandikan maka jenazah tersebut harus dikafani. Bagi jenazah laki laki itu sebaiknya tiga lapis kain, sedangkan untuk jenazah perempuan itu lima lapis kain. Mengkafani jenazah itu juga tidak boleh sembarangan, Jenazah itu harus dikafani dengan sebaik-baiknya.

4. Jenazah Juga Harus Dishalatkan

Apabila ada orang muslim yang sudah meninggal dunia maka orang-orang muslim yang masih hidup itu harus menshalatkan jenazah tersebut. Namun jenazah yang berhak untuk dishalatkan adalah orang yang mati dalam keadaan beriman kepada Allah Subhanahu wata’ala. Sedangkan orang yang mati dalam keadaan murtad tidak berhak untuk dishalatkan.

Baca juga: “Dakwah Dalam Islam

5. Jenazah Harus Segera Dikuburkan

Jenazah yang sudah dimandikan, dikafani, serta dishalatkan maka langkah selanjutnya adalah dengan segera untuk menguburkannya karena hal ini merupakan salah satu cara untuk menghormati jenazah tersebut. Serta sebaiknya penguburan jenazah itu dilakukan di siang hari, apakah malah hari tidak boleh? Penguburan dimalam hari itu juga diperbolehkan jika ada hal-hal lain yang mengharuskan jenazah tersebut harus dikuburkan dengan segera.

Itu tadi adalah 5 hal yang harus kamu tahu tentang jenazah. Jadi kesimpulannya adalah apabila ada seorang muslim yang meninggal dunia maka orang-orang muslim lain yang masih hidup itu harus memandikan, mengkafani, menshalatkan, serta segera mengkuburkan jenazah muslim tersebut dengan cara yang baik.

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Jenazah”. Semoga pembahasan di atas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *