Kejujuran Dalam Pandangan Islam

jujur dalam pandangan Islam

Hai teman, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga sehat selalu dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Kejujuran”. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: “Pentingnya Memiliki Sifat Qana’ah

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh manusia untuk mencapai tujuannya. Ada manusia yang melakukannya dengan cara yang benar seperti kerja keras dan pantang menyerah, namun ada juga yang melakukannya dengan cara yang tidak benar bahkan melanggar hukum agama maupun hukum pemerintah, sebab bagi mereka segala cara bisa ditempuh untuk menggapai suatu tujuan walaupun cara tersebut melanggar peraturan dan jauh dari nilai kejujuran. Nah Jujur ini sangatlah penting, sebab dengan membiasakan diri untuk bersikap jujur maka hidup kita ini akan menjadi lebih tenang.

Pengertian Jujur

Jujur dalam bahasa Arab itu bermakna as-sidqu atau siddiq yang memiliki arti benar, nyata, atau berkata benar. Secara istilah jujur adalah suatu perbuatan yang berkesesuaian antara ucapannya dan tingkah lakunya atau perbuatannya serta tidak dicampuri dengan kedustaan.

Baca juga: “Rendah Hati dalam Pandangan Islam

Macam-Macamnya

Untuk macamnya itu ada 3 yakni sebagai berikut:

  1. Jujur dalam niat, yakni tidak ada dorongan bagi dia untuk melakukan suatu tindakan selain karena dorongan dari Allah Subhanahu wata’ala.
  2. Jujur dalam bertutur kata, yakni setiap berita yang diperoleh itu sesuai dengan yang disampaikan.
  3. Jujur dalam bertingkah laku, yakni beramal dengan bersungguh-sungguh.

Dalilnya

Surah Al-Ma’idah Ayat 8

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ ۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَىٰ أَلَّا تَعْدِلُوا ۚ اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَىٰ ۖ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah, karena adil itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Surah At-Taubah Ayat 119

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَكُونُوا مَعَ الصَّادِقِينَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.

Baca juga: “Cara Mendidik Anak Dengan Baik

Contoh Jujur

Sikap ini merupakan suatu sikap yang sangat mulia, oleh karena itu harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut di bawah ini adalah contohnya seperti:

  1. Jika kamu disuruh orang tuamu belanja maka belanjalah sesuai dengan perintah orang tua, apabila masih ada uang sisa hasil belanja maka berikanlah kepada orang tuamu terlebih dahulu.
  2. Apabila kamu ingin keluar rumah maka berpamitlah terlebih dulu kepada orang tuamu.
  3. Apabila kamu mendapat nilai maka laporkanlah kepada orang tuamu berapapun hasilnya.
  4. Jika kamu meminjam barang teman maka kembalikanlah barang tersebut walaupun sebenarnya barang tersebut tidak terlalu berharga.
  5. Jika kamu membeli suatu barang maka bayarlah barang tersebut sesuai dengan kesepakatan.
  6. Janganlah menjanjikan sesuatu apabila kamu tidak sanggup menepati janji tersebut.
  7. Jika kamu mendapat suatu undangan dari orang lain maka hadirilah bila kamu tidak mendapat suatu halangan.

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Kejujuran”. Semoga pembahasan di atas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *