fbpx

Hai teman, bagaimana kabar kalian? Semoga sehat dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Keutamaan Membaca Al Quran”. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: “Doa Agar Terhindar Dari Hutang

Apa itu Al Quran ?

Al Quran merupakan kitab suci umat Islam. Kitab ini diwahyukan oleh Allah kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Al Quran diturunkan untuk menyempurnakan kitab-kitab terdahulu yang Allah turunkan seperti Taurat, Zabur, dan Injil.

Al Quran adalah pedoman hidup bagi para manusia, di dalamnya mengatur bagaimana hubungan antara manusia dengan Allah, manusia dengan manusia yang lainnya, serta hubungan antara manusia dengan makhluk ciptaan Allah lainnya. Oleh karena itu wajib bagi setiap umat muslim untuk mengimani, membaca, mempelajari, memahami serta mengamalkan isi dari Al Quran. Allah Subhanahu wata’ala berfirman :

وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ ۖ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ عَمَّا جَاءَكَ مِنَ الْحَقِّ ۚ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا ۚ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلَٰكِنْ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ ۖ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ إِلَى اللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

Artinya: “Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu,” (Al Quran Surah Al-Ma’idah Ayat 48)

Namun masih banyak sekali di kalangan umat muslim yang jarang untuk membaca Al Quran karena alasan tertentu seperti sibuk bekerja, tidak ada waktu, dan lain sebagainya. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa di dapat ketika seseorang rajin membaca Al Quran setiap hari. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya:

Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al-Qur`an dan mengajarkannya.” (Hadist ini diriwayatkan oleh Bukhari)

Baca juga:

  1. Doa Ketika Sedang Sakit
  2. Pengertian Berdusta Dan Bahaya Perilaku Dusta
  3. Rendah Hati Dalam Pandangan Islam

Apa Keutamaan Membaca Al Quran Setiap Hari?

keutamaan membaca Al-Quran

Berikut adalah 5 keutamaan membaca Al Quran yang perlu kalian tahu.

1. Memperoleh Banyak Kebaikan

Keutamaan membaca Al Quran setiap hari yang pertama adalah dapat mendatangkan banyak sekali kebaikan kepada para pembacanya. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya:

Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan “alif lam mim” satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (Hadist ini diriwayatkan oleh Tirmidzi)

2. Membaca Al Quran Menuntun Seseorang ke Jalan Yang Lurus

Al Quran berisi petunjuk bagi setiap manusia yang dapat menuntun mereka ke jalan yang lurus. Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

Surah Al-Isra' Ayat 9

Artinya: “Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu’min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar,” (Al Quran Surah Al-Isra’ Ayat 9)

3. Menjadikan Hati Menjadi Tenang dan Tentram

Membaca Al Quran baik di rumah maupun di masjid dapat menjadikan hati menjadi tenang dan tentram. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya:

Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah membaca Kitabullah dan saling mengajarkan satu dan lainnya melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), akan dinaungi rahmat, akan dikeliling para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya.” (Hadist ini diriwayatkan oleh Muslim)

4. Mendatangkan Rahmat Dari Allah

Orang yang rajin membaca Al Quran setiap hari maka ia akan mendapatkan Rahmat dari Allah. Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

Surah Al-Isra' Ayat 82

Artinya: “Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” (Al Quran Surah Al-Isra’ Ayat 82)

5. Mendapat Karunia dari Allah

Orang-orang yang sering membaca Al Quran dan mendirikan sholat serta menafkahkan sebagian rezeki maka Allah akan menyempurnakan pahala mereka dan Allah akan menambah karunia-Nya kepada mereka. Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi,” (Al Quran Surah Fatir Ayat 29)

لِيُوَفِّيَهُمْ أُجُورَهُمْ وَيَزِيدَهُمْ مِنْ فَضْلِهِ ۚ إِنَّهُ غَفُورٌ شَكُورٌ

Artinya: “agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (Al Quran Surah Fatir Ayat 30)

Baca juga: “Perbedaan Nabi dan Rasul

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Keutamaan Membaca Al Quran Setiap Hari”. Semoga pembahasan diatas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.


Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan