Tata Cara Mandi Junub Yang Baik Dan Benar

Mandi Junub Yang Benar

Pengertian Mandi Junub

Mandi junub atau mandi wajib atau mandi besar adalah mandi yang dilakukan dengan cara mengalirkan air dari ujung rambut sampai ujung kaki sampai bersih. Mandi ini bertujuan untuk menghilangkan hadast besar sebelum melakukan suatu ibadah seperti sholat, puasa, membaca Al-Quran dan ibadah lainnya. Terus kapan kita harus mandi wajib ini? Kita diharuskan mandi junub jika kita misalkan setelah haid, sesudah berhubungan badan antara suami istri, setelah nifas dan lain sebagainya.

Baca juga: “Nikmat Yang Sering Dilalaikan Manusia”

Tata Cara Mandi Wajib

Tata cara mandi wajib baik itu untuk pria maupun wanita itu adalah sama yakni:

  1. Diawali dengan niat mandi junub atau mandi wajib. Karena sesungguhnya amal itu tergantung niatnya.
  2. Mencuci kemaluan, karena sedang mandi wajib sehingga ada langkah mencuci kotoran pada daerah kemaluan.
  3. Mencuci tangan hingga bersih, karena tadi tangan digunakan untuk mencuci kemaluan maka tangan tersebut dicuci sampai bersih.
  4. Membaca bismillah, akan tetapi bacaan bismillah ini untuk wudhu bukan untuk mandi.
  5. Berwudhu.
  6. Menyiram kepala dengan air sebanyak 3x, caranya seperti berikut yakni ambil air dengan satu telapak tangan lalu siramkan ke sisi kanan (kepala), lalu menyela-nyela rambut dengan jari jemari sampai merata, lalu ambil air lagi dengan satu telapak tangan dan menyiramkannya ke sisi kiri (kepala) kemudian menyela-nyela rambut dengan jari-jemarinya, lalu ambil air satu telapak tangan lagi untuk disiramkan di tengah kepala kemudian menyela-nyela lagi dengan jari-jemarinya. Setelah yakin apabila kepala sudah basah, maka langkah selanjutnya,
  7. Mengguyurkan air dari atas kepala sebanyak 3x.
  8. Kemudian mengguyurkan air ke seluruh badan mulai dari bagian yang kanan, kemudian baru setelah itu mengguyur bagian sebelah kiri.

Baca juga: “5 Manfaat Berkurban Dalam Islam

Itu tadi tata cara mandi besar yang baik dan benar. Sekian dari saya, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di lain waktu.