fbpx

Sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari tersebut umat muslim disunnahkan untuk berkurban yakni dengan menyembelih hewan yang kemudian dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Kurban merupakan bentuk ungkapan rasa syukur kepada Allah Subhanahu wata’ala atas rezeki serta nikmat yang telah diberikan.

Baca Juga: “Artikel Pendek: Teman Yang Buruk

Kurban berawal dari kisah Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail, yang mana pada saat itu Nabi Ibrahim rela mengorbankan anaknya Nabi Ismail karena begitu taat dan cinta kepada Allah Subhanahu wata’ala.

Allah Subhanahu wata’ala berfirman dalam Al Quran Surat As-Saffat ayat 102-107.

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَىٰ فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَىٰ ۚ قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ ۖ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ

فَلَمَّا أَسْلَمَا وَتَلَّهُ لِلْجَبِينِ

وَنَادَيْنَاهُ أَنْ يَا إِبْرَاهِيمُ

قَدْ صَدَّقْتَ الرُّؤْيَا ۚ إِنَّا كَذَٰلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِينَ

إِنَّ هَٰذَا لَهُوَ الْبَلَاءُ الْمُبِينُ

وَفَدَيْنَاهُ بِذِبْحٍ عَظِيمٍ

Artinya: “Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”.(102) Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya).(103) Dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim,(104) sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.(105) Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata.(106) Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar.(107)

Baca juga: “Jangan Pernah Salahkan Wanita

Berikut ini adalah 5 manfaat berkurban yaitu:

Pertama, Menambah Rasa Syukur Kepada Allah Subhanahu wata’ala. Dengan berkurban, kita bisa jadi lebih bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wata’ala. Selain itu berkurban merupakan bentuk rasa cinta kita kepada Allah Subhanahu wata’ala.

Kedua, Sebagai Bentuk Ketaatan Kita Kepada Allah Subhanahu wata’ala. Allah Subhanahu wata’ala berfirman dalam Al Quran Surat Al-Hajj ayat 34.

وَلِكُلِّ أُمَّةٍ جَعَلْنَا مَنْسَكًا لِيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَىٰ مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ ۗ فَإِلَٰهُكُمْ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ فَلَهُ أَسْلِمُوا ۗ وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ

Artinya: “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah),

Ketiga, Meningkatkan kepedulian terhadap sosial dan lingkungan sekitar. Berkurban juga merupakan sedekah yakni memberikan sebagian dari harta kepada orang yang membutuhkan seperti orang fakir dan miskin.

Keempat, Meneladani Kisah Nabi Ibrahim. Allah SWT Berfirman dalam Al Quran Surat As-Saffat Ayat 102.

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ السَّعْيَ قَالَ يَا بُنَيَّ إِنِّي أَرَىٰ فِي الْمَنَامِ أَنِّي أَذْبَحُكَ فَانْظُرْ مَاذَا تَرَىٰ ۚ قَالَ يَا أَبَتِ افْعَلْ مَا تُؤْمَرُ ۖ سَتَجِدُنِي إِنْ شَاءَ اللَّهُ مِنَ الصَّابِرِينَ

Artinya: “Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”.

Kelima, Mempererat tali silaturahmi antar sesama. Salah satu cara agar dapat mempererat tali silaturahmi yakni dengan berkurban. Orang yang berkurban dan yang menerima kurban hubungannya akan semakin baik, begitu juga dengan seluruh masyarakat yang berkumpul di tempat penyembelihan tersebut.

Sekian dari saya, semoga artikel pendek ini bermanfaat, dan sampai jumpa lagi di lain waktu.


Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan