Kriteria Memilih Calon Istri Terbaik Dalam Islam

Assalamualaikum wr wb

Halo semua apa kabar? Semoga kabar kamu hari ini baik-baik saja ya. Kali ini admin akan berbagi artikel tentang “Kriteria Memilih Calon Istri Terbaik Dalam Islam”. Bagaimana kamu tertarik tidak? Jika ya, yuk simak pembahasan artikel di bawah ini.

Baca Juga: “Cara Agar Anak Dekat Dan Cinta Dengan Al Quran.”

Bagi seorang lelaki yang sudah beranjak dewasa mencari pasangan untuk pendamping hidup adalah hal yang sangat perlu dilakukan. Namun dalam prosesnya kebanyakan lelaki zaman sekarang hanya mencari calon istri dilihat melalui fisiknya saja, padahal banyak sekali faktor selain fisik untuk mencari calon istri terbaik. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya:

Dari Abi Hurairah radhiallah ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Wanita itu dinikahi karena empat hal: karena hartanya, nasabnya, kecantikannya, dan agamanya. Maka perhatikanlah agamanya maka kamu akan selamat. Muttafaq ‘alaih.” (HR. Bukhari Muslim)

Baca Juga: “Tips Agar Kita Selalu Dekat Dengan Allah.”

Kriteria Memilih Calon Istri Terbaik Dalam Islam

Pertama, Pilihlah Wanita yang Baik Agamanya Serta Beriman Kepada Allah Subhanahu wata’ala. Hal ini sesuai dengan Firman Allah dalam Al Quran Surat Al Baqarah Ayat 221 yang berbunyi:

وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكَاتِ حَتَّىٰ يُؤْمِنَّ ۚ وَلَأَمَةٌ مُؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكَةٍ وَلَوْ أَعْجَبَتْكُمْ ۗ وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِينَ حَتَّىٰ يُؤْمِنُوا ۚ وَلَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكٍ وَلَوْ أَعْجَبَكُمْ ۗ أُولَٰئِكَ يَدْعُونَ إِلَى النَّارِ ۖ وَاللَّهُ يَدْعُو إِلَى الْجَنَّةِ وَالْمَغْفِرَةِ بِإِذْنِهِ ۖ وَيُبَيِّنُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ

Artinya: “Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mukmin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukmin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mukmin lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.

Selain ayat diatas Allah Subhanahu wata’ala juga berfirman dalam Al Quran Surat Al-Ahzab Ayat 35 yang berbunyi:

إِنَّ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَالْقَانِتِينَ وَالْقَانِتَاتِ وَالصَّادِقِينَ وَالصَّادِقَاتِ وَالصَّابِرِينَ وَالصَّابِرَاتِ وَالْخَاشِعِينَ وَالْخَاشِعَاتِ وَالْمُتَصَدِّقِينَ وَالْمُتَصَدِّقَاتِ وَالصَّائِمِينَ وَالصَّائِمَاتِ وَالْحَافِظِينَ فُرُوجَهُمْ وَالْحَافِظَاتِ وَالذَّاكِرِينَ اللَّهَ كَثِيرًا وَالذَّاكِرَاتِ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُمْ مَغْفِرَةً وَأَجْرًا عَظِيمًا

Artinya: “Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.

Kedua, Pilihlah Wanita Yang Mempunyai Nasab atau keturunan yang baik. Bagi seorang laki-laki yang ingin mencari seorang wanita untuk dijadikan istri maka perlu melihat terlebih dahulu nasab dari calon wanita yang ingin dinikahi. Jika wanita itu berasal dari nasab atau keturunan yang baik maka bagus untuk dinikahi.

Ketiga, Pilihlah Wanita Yang Mempunyai Status Sosial Yang Sama. Carilah wanita yang status sosialnya sama denganmu. Sebab banyak sekali pernikahan yang tidak berlangsung lama karena status sosial yang berbeda jauh. Oleh sebab itu dengan status sosial yang sama dapat membuat pernikahan menjadi lebih langgeng.

Keempat, Pilihlah Wanita Yang Cantik. Ini yang diidamkan oleh banyak lelaki yakni mempunyai Istri yang cantik dalam segi fisik. Mencari istri yang cantik dalam islam tidaklah dilarang karena ini juga merupakan salah satu tujuan dalam menikah yakni menciptakan ketentraman dalam hati, Namun perlu digaris bawahi bahwa kamu juga harus mempertimbangkan kriteria pertama, kedua, dan ketiga diatas juga dalam memilih calon istri.

Kesimpulan

Dalam memilih calon istri jangan hanya memandang fisik semata, akan tetapi utamakan faktor agamanya agar kamu selamat. Namun perlu diingat adalah jodoh merupakan cerminan dirimu, jika kamu baik maka kamu juga akan memperoleh jodoh yang baik pula, hal ini sesuai dengan firman Allah Subhanahu wata’ala dalam Al Quran Surat An-Nur Ayat 26:

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ ۖ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ ۚ أُولَٰئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ ۖ لَهُمْ مَغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ

Artinya: “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).”

Jadi perbaiki dirimu mulai dari sekarang agar kelak kamu mendapat jodoh yang terbaik, Amin.

(Hanya Allah Yang Mengetahui.)

Demikian artikel ini dibuat jika ada kesalahan admin mohon maaf. Sekian dari Admin dan terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

Tinggalkan Balasan