Menjauhi Zina

Menjauhi Zina

Hai teman, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga sehat selalu dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Menjauhi Zina”. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: “Berkhianat: Pengertian, Hukum dan Bahayanya

Perbuatan zina merupakan aktivitas yang sangat memalukan sekaligus menjijikan. Banyak orang-orang yang telah sukses dalam karir menjadi hancur karena perbuatan tercela ini. Selain itu aib yang ditimbulkannya pun tidak hanya berdampak pada dirinya sendiri akan tetapi juga saudara dan keluarganya. Oleh karena itu perlu kehati-hatian dalam bergaul agar dapat menjauhi zina. Namun tahukah kamu apa itu perzinahan? Untuk lebih detailnya simak penjelasan di bawah ini agar kita bisa lebih tahu tentang zina dan cara menjauhi zina.

Pengertian Zina

Secara bahasa zina berasal dari kata zana-yazni yang berarti persetubuhan antara pria dan wanita yang sudah baligh tanpa adanya akad pernikahan yang sah. Jadi, zina disini adalah hubungan biologis antara pria dan wanita layaknya suami dan istri diluar pernikahan yang sah menurut syariat agama Islam.

Kategori Zina

Zina itu dapat dibagi menjadi dua yakni:

  1. Zina Muhsan adalah zina yang dilakukan oleh orang yang sudah balig, berakal, merdeka, dan sudah menikah. Hukuman bagi para pelaku zina ini adalah dengan dirajam.
  2. Zina Gairu Muhsan adalah zina yang dilakukan oleh orang yang masih lajang atau belum pernah menikah. Hukuman bagi para pelaku zina ini adalah didera seratus kali dan diasingkan selama satu tahun.

Baca juga: “Sifat Ujub: Pengertian, Hukum, dan Bahayanya

Dalil Larangan Zina

Zina merupakan perbuatan yang haram dan wajib untuk menjauhi zina terutama bagi umat muslim. Orang yang melakukan zina akan mendapat dosa yang besar sebab perbuatan ini merupakan perbuatan yang sangat keji, hina dan buruk. Adapun dalil mengenai pelarangan zina adalah sebagai berikut:

Surah Al-Isra’ Ayat 32

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

Artinya: “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”

Surah An-Nur Ayat 2

الزَّانِيَةُ وَالزَّانِي فَاجْلِدُوا كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا مِائَةَ جَلْدَةٍ ۖ وَلَا تَأْخُذْكُمْ بِهِمَا رَأْفَةٌ فِي دِينِ اللَّهِ إِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ۖ وَلْيَشْهَدْ عَذَابَهُمَا طَائِفَةٌ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ

Artinya: “Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus dali dera, dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan orang-orang yang beriman.”

Baca juga: “Pentingnya Menutup Aurat Bagi Wanita

Dampak Negatif Perbuatan Zina

Berikut di bawah ini adalah dampak akibat dari perbuatan zina yakni sebagai berikut:

A. Dampak Ketika di Dunia

  1. Menghilangkan Kehormatan.
    Para pelaku zina itu sebenarnya sedang menghilangkan kehormatan, martabat, dan harga dirinya di hadapan masyarakat sekitar, bahkan para pelaku zina itu dianggap mengotori lingkungan masyarakat.
  2. Penyebab Kefakiran.
    Pelaku zina itu juga bisa menjadi miskin karena berzina itu juga perlu mengeluarkan uang atau harta demi memuaskan nafsu birahinya.
  3. Terserang Penyakit Kelamin.
    Pelaku zina juga dapat membuat pelakunya itu terserang penyakit berbahaya seperti HIV/AIDS.

B. Dampak Ketika di Akhirat

  1. Mendapatkan Azab dari Allah.
    Zina merupakan salah satu dosa besar, sehingga para pelakunya kelak akan mendapat azab dari Allah Subhanahu wata’ala.
  2. Hisabnya Menjadi Jelek.
    Pelaku zina kelak akan menyesal pada saat hari perhitungan amal sebab amal buruk mereka jauh lebih besar dari pada amal baiknya.
  3. Dimasukkan ke dalam Neraka
    Pelaku zina juga akan dimasukkan ke dalam neraka dan akan mendapat siksa yang berat dan sangat menghinakan.

Baca juga: “Pengertian Berdusta Dan Bahaya Perilaku Dusta

Cara Menghindari Perbuatan Zina

Karena perbuatan zina dampaknya begitu buruk ketika di Dunia dan di Akhirat, maka umat muslim harus menjauhi perbuatan tersebut. Berikut di bawah ini adalah beberapa cara menjauhi zina, diantaranya:

  1. Menjaga Pergaulan.
  2. Menutup Aurat.
  3. Menjaga Pandangan dengan Lawan Jenis
  4. Jaga Kehormatan.
  5. Melakukan Aktivitas Ibadah dan Puasa.

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Menjauhi Zina”. Semoga pembahasan di atas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *