2 Hal Yang Penting Harus Kamu Ketahui Tentang Para Rasul

2 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Para Rasul

Siapa sih yang tidak tahu tentang para rasul, pasti banyak di antara kalian sudah pada paham betul apa itu rasul? Pada zaman dahulu setiap umat itu diberikan seorang rasul oleh Allah agar umat tersebut tidak tersesat ke jalan yang buruk. Namun banyak di antara umat-umat terdahulu jika ada rasul, mereka mau mengerjakan kebajikan dan berjalan di jalan yang benar, namun setelah rasul tersebut tiada mereka kembali lagi ke jalan yang buruk. Oleh karena itulah penting sekali adanya seorang rasul di tengah-tengah umat pada kala itu agar dapat selalu membimbing serta mengajarkan kebaikan kepada umat.

Baca juga: “5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Jenazah

Namun tahukah kamu apa perbedaan antara Rasul dan Nabi? Rasul adalah seorang manusia utusan Allah yang ditugaskan untuk menyampaikan wahyu dari Allah kepada umat manusia. Sedangkan Nabi adalah seorang manusia yang mendapatkan wahyu dari Allah namun hanya untuk dirinya sendiri. Dari sini kalian sudah tahukan perbedaannya, namun ada hal-hal penting yang harus kamu tahu tentang rasul, apa itu? simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pahami Sifat-Sifat yang Dimiliki Para Rasul

Para rasul yang diutus oleh Allah itu mempunyai sifat yang menjadi pertanda kebenaran yang ada pada diri seorang rasul. Sifat-sifat tersebut terbagi menjadi 3 yakni sifat wajib, sifat mustahil, serta sifat jaiz. Sifat wajib itu sendiri adalah sifat yang wajib ada pada diri seorang rasul di antaranya adalah as-siddiq (selalu benar), al-amanah (dapat dipercaya), at-tabligh (menyampaikan wahyu), serta al-fatanah (mempunyai kecerdasan). Sedangkan sifat mustahil adalah sifat yang mustahil ada pada diri seorang rasul di antaranya adalah al-kizzib (berdusta), al-khianah (berkhianat), al-kitman (menyembunyikan kebenaran), serta al-baladah (bodoh). Adapun sifat jaiz adalah sifat yang dimiliki sebagaimana sifat-sifat manusia pada umumnya seperti lapar, haus, sakit, tidur, senang, sedih, dan lain sebagainya.

Baca juga: “Beriman Kepada Kitab Allah

2. Pahami Tugas Para Rasul

Sebagai seorang utusan maka para rasul pasti memiliki tugas yang diberikan Allah kepada mereka. Tugas tersebut bukanlah tugas yang mudah. Adapun beberapa tugas para rasul di antaranya; menyampaikan wahyu yang didapat dari Allah kepada umat manusia, mengajak manusia untuk menyembah hanya kepada Allah, menyampaikan kabar gembira kepada orang mukmin dan kabar buruk kepada orang kafir, membimbing manusia ke jalan yang lurus dan di ridhai Allah.

Disini kita dapat berpikir bahwa betapa beratnya tugas para rasul itu. Sebab mungkin saja ketika mereka diperintahkan Allah untuk menyampaikan wahyu kepada umatnya mereka akan berhadapan dengan manusia-manusia yang selalu ingkar, suka mencaci maki, keras kepala, serta benci terhadap para rasul itu sendiri. Namun hebatnya disini adalah para rasul itu selalu ikhlas dan sabar dalam menghadapi mereka, hal ini dilakukan agar wahyu yang dia terima tersampaikan kepada para umatnya.

Baca juga: “Memahami Arti Iman Kepada Malaikat

Itu tadi adalah 2 hal penting yang harus kalian ketahui tentang Rasul. Jadi dapat diambil kesimpulan yakni para rasul itu mempunyai 3 sifat yakni sifat wajib, sifat mustahil, serta sifat jaiz, selain itu mereka juga melaksanakan tugas yang sudah Allah berikan kepada mereka yakni salah satunya menyampaikan wahyu yang dia peroleh dari Allah kepada umat manusia.

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Tentang Rasul”. Semoga pembahasan di atas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *