fbpx

Assalamualaikum wr wb

Apa kabar teman, semoga kalian sehat selalu dan di rahmati oleh Allah Subhanahu wata’ala. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi artikel tentang “Pengertian Perilaku Diskriminasi Dan cara menghindarinya”.
 
Dalam pergaulan sehari-hari, umat muslim harus membiasakan dan mengembangkan sifat terpuji. Hal itu akan menjalin hubungan yang serasi, persahabatan yang kokoh serta persaudaraan yang kuat diantara umat muslim yang disebut “Ukhuwah Islamiah”. Di lain pihak umat Islam harus mewaspadai serta menjauhi sikap perilaku  tercela, karena hal itu akan merusak pergaulan serta memutuskan tali silaturahmi.
 
Ok tidak usah berlama-lama lagi berikut dibawah ini adalah pembahasannya.
 

Pengertian Diskriminasi

Secara bahasa, dalam Bahasa Inggris disebut “discriminate” yang berarti membedakan. Sedangkan dalam Bahasa Arab istilah diskriminasi dikenal dengan ” al-Muhabbah” yang artinya membedakan kasih antara satu dengan yang lain. Kosa kata discriminate kemudian diadopsi menjadi kosa kata Bahasa Indonesia diskriminasi adalah suatu sikap yang membeda-bedakan orang lain berdasarkan suku, ras, agama, dan sebagainya. Allah Subhanahu wata’ala berfirman yang artinya:
 
Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.“.
(Al Quran Surah Al-Hujuraat ayat 13)
 

Dampak Negatif Diskriminasi

Teman-teman yang di cintai Allah Subhanahu wata’ala, sikap tercela ini sangat bertentangan dengan ajaran Islam, karena sikap tersebut menunjukkan martabat yang rendah bagi pelakunya dan akan memicu munculnya perilaku buruk lainnya yang dilarang. Berikut ini adalah dampak buruk dari sikap diskriminasi yaitu.
  • Memunculkan permusuhan antara kelompok.
  • Menciptakan penindasan otoritarianisme dalam kehidupan.
  • Menghambat kesejahteraan kehidupan.
  • Menghalangi tegaknya keadilan.
  • Menjadi pintu kehancuran masyarakat.
  • Memicu munculnya sektarianisme.
  • Mempersulit penyelesaian masalah.

Baca Juga: “Pengertian Aniaya

Bentuk Dan Contoh Diskriminasi

Berikut ini adalah bentuk dan contoh sikap tercela ini yaitu.

A. Bentuk Diskriminasi

Dapat dibagi menjadi 2 yakni sebagai berikut.
  1. Diskriminasi langsung. Terjadi saat hukum, peraturan, atau kebijakan jelas-jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya serta menghambat adanya peluang yang sama.
  2. Diskriminasi tidak langsung. Terjadi saat peraturan yang bersifat netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan.

B. Contoh Perilaku Diskriminasi.

Berikut ini adalah contohnya.
  1. Sebagian masyarakat yang menempatkan laki-laki lebih tinggi daripada perempuan.
  2. Adanya jurang pemisah antara si kaya dengan si miskin.
  3. Steven yang beragama non islam enggan berteman dengan Yusuf yang beragama Islam. Hal ini dikarenakan perbedaan Agama/Kepercayaan.

Baca Juga: “Apa itu Husnudzan?

Cara Menghindari Perilaku Diskriminasi.

Teman yang di rahmati Allah Subhanahu wata’ala, sesungguhnya sifat ini adalah sifat yang keji dan tercela. Oleh karena itu, hendaknya kita dapat menghindari sikap tersebut, agar dalam pergaulan sehari-hari kita dapat memiliki banyak teman dan sahabat. Berikut adalah bagaimana cara menghindari sikap tercela yang satu ini dalam kehidupan sehari-hari.
  • Tidak memandang orang dari segi materi, pangkat, maupun jabatannya, sebab derajat manusia adalah sama disisi Allah.
  • Membiasakan diri menghindari sifat saling merendahkan, saling mencela, saling mengejek, saling berprasangka jelek/buruk, saling mencari-cari kejelekan orang lain, dan saling menggunjing.
  • Menyadari bahwa yang membedakan manusia disisi Allah adalah ketakwaan mereka.
  • Menyadari bahwa menyakiti orang lain adalah dosa dan kelak suatu saat akan mendapat akibat dari perbuatannya tersebut.
Demikianlah pembahasan artikel tentang Perilaku Diskriminasi. Semoga kita semua terhindar dari sifat tercela yang satu ini, Amin. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kita semua, akhir kata…
 
Wassalamualaikum wr wb

Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan