fbpx

Hai teman, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga sehat selalu dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Pengertian Hadas, Dasar Hukumnya, serta Macamnya”. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga:

  1. Qana’ah: Pengertian, Contoh, Ciri-Ciri, serta Manfaatnya
  2. Taat: Pengertian, Makna taat, serta Contohnya
  3. Doa: Pengertian, Dalil, Tujuan, Manfaat, dan Adab Dalam Berdoa

Pengertian Hadas

Hadast adalah suatu keadaan yang dipandang tidak suci dimana hal tersebut dapat menghalangi syarat sahnya suatu ibadah seperti sholat, tawaf, serta ibadah-ibadah lainnya. Hadas itu dibedakan menjadi dua yakni hadas besar dan hadas kecil. Hadas besar itu sendiri terjadi jika seseorang telah mengalami haid, nifas, serta keluarnya air mani. Adapun untuk hadas kecil itu terjadi jika seseorang telah mengalami buang air kecil, buang air besar, serta kentut.

Dasar Hukum Mengenai Hadas

Al-Quran Surah Al-Ma’idah Ayat 6

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قُمْتُمْ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ فَٱغْسِلُوا۟ وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى ٱلْمَرَافِقِ وَٱمْسَحُوا۟ بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى ٱلْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِن كُنتُمْ جُنُبًا فَٱطَّهَّرُوا۟ ۚ وَإِن كُنتُم مَّرْضَىٰٓ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَآءَ أَحَدٌ مِّنكُم مِّنَ ٱلْغَآئِطِ أَوْ لَٰمَسْتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمْ تَجِدُوا۟ مَآءً فَتَيَمَّمُوا۟ صَعِيدًا طَيِّبًا فَٱمْسَحُوا۟ بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُم مِّنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُم مِّنْ حَرَجٍ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُۥ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.” (Al-Quran Surah Al-Ma’idah Ayat 6)

Baca juga:

  1. Manfaat Membaca Al-Quran
  2. Rendah Hati Dalam Pandangan Islam
  3. Berhijab Bagi Kaum Wanita

Macam-Macam Hadas

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa hadas itu terdiri dari 2 macam yakni hadas besar dan hadas kecil. Hadas besar itu contohnya seperti keluar air mani, haid, serta nifas, adapun untuk mensucikannya yakni dengan mandi besar. Kemudian untuk hadas kecil itu contohnya seperti kencing, kentut, buang air besar, dan lain sebagainya. Orang yang sedang mengalami hadas besar maupun kecil dilarang melakukan ibadah seperti shalat, tawaf, menyentuh atau membaca mushaf Al-Quran sebelum orang tersebut bersuci. Cara bersuci bagi orang yang mengalami hadas kecil yakni dengan berwudhu atau bertayamum, sedangkan bagi orang yang sedang mengalami hadast besar maka cara bersucinya dengan mandi besar.

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Pengertian Hadas dan Macamnya”. Semoga pembahasan di atas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.


Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan