Jumlah Pintu Surga

Assalamualaikum wr wb

Halo semua apa kabar? Semoga kabar kamu hari ini baik-baik saja ya. Kali ini admin akan berbagi artikel tentang “8 Pintu Surga dan Golongan Orang Yang Memasukinya”. Bagaimana kamu tertarik tidak? Jika ya, yuk simak pembahasan artikel di bawah ini.

Baca Juga: “Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Malam atau Hari Jumat.”

Siapa sih disini yang tidak ingin masuk surga di Akhirat kelak. Pasti semua orang akan berlomba-lomba untuk menggapainya, bukan? Namun untuk meraih apa yang kita mau maka perlu suatu usaha yang pantang menyerah agar apa yang kita inginkan atau impikan bisa terwujud. Sama halnya seperti meraih Surganya Allah Subhanahu wata’ala, maka kita harus mentaati dan menjalankan semua perintah Allah serta menjauhi semua larangan-Nya. Allah Subhanahu wata’ala berfirman dalam Al Quran Surat Al Kahfi 107-108 yang artinya:

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah Surga Firdaus menjadi tempat tinggal, mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah darinya.”

Nah di dalam Surga itu ada yang namanya Pintu Surga, Setiap orang akan masuk surga melalui pintu yang berbeda-beda sesuai dengan amal yang telah mereka kerjakan di dunia. Bagaimana kamu penasaran dengan pintu Surga ini kan? jika ya, Berikut ini adalah 8 Pintu Surga beserta golongan orang yang memasukinya.

8 Pintu Surga

Pertama, Baab As-Salaat (Pintu Sholat). Pintu ini diperuntukkan bagi hamba Allah yang rajin dan tepat waktu dalam menjalankan sholat. Allah Subhanahu wata’ala akan memberikan hadiah bagi mereka yang ikhlas dalam menjalankan sholat, Allah Berfirman dalam Surat Al Baqarah Ayat 277 yang artinya:

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.”

Kedua, Baab Al-Jihad (Pintu Jihad). Ini adalah pintu yang diperuntukkan bagi mereka yang senantiasa mengorbankan hidup mereka untuk berjihad di jalan Allah Subhanahu wata’ala. Allah Berfirman dalam Surat Al Baqarah Ayat 193 yang artinya:

Artinya: “Dan perangilah mereka itu, sehingga tidak ada fitnah lagi dan (sehingga) ketaatan itu hanya semata-mata untuk Allah. Jika mereka berhenti (dari memusuhi kamu), maka tidak ada permusuhan (lagi), kecuali terhadap orang-orang yang zalim.”

Ketiga, Baab As-Sadaqah (Pintu Sadaqah). Pintu ini akan dimasuki orang-orang yang semasa dia hidup selalu beramal shaleh (Sadaqah).

Keempat, Baab Ar-Rayyaan (Pintu Puasa). Orang-orang yang semasa hidupnya rajin mengerjakan ibadah puasa secara tulus dan ikhlas maka kelak ketika masuk surga akan memasuki pintu ini. Dari Sahl bin Sa’ad ia berkata, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya:

Artinya: “Surga memiliki delapan buah pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa” (HR. Bukhari no. 3257)”

Kelima, Baab Al-Hajj (Pintu Haji). Pintu ini kelak akan dimasuki oleh orang yang pernah melakukan ibadah Haji.

Keenam, Baab Al-Iman (Pintu Iman). Pintu ini diperuntukkan bagi mereka yang tabah dan tetap memegang teguh iman mereka kepada Allah Subhanahu wata’ala, serta mereka selalu taat serta patuh terhadap perintah Allah Subhanahu wata’ala.

Ketujuh, Baab Al-Kaazimeen Al-Ghaiz Wal Aafina Anin Naas. Pintu ini diperuntukkan bagi mereka yang semasa hidupnya bisa mengendalikan amarahnya, serta mereka yang mudah memaafkan kesalahan orang lain.

Kedelapan, Baab Al-Dhikr ( Pintu Dzikir). Jika mereka yang semasa hidupnya rajin berdzikir kepada Allah Subhanahu wata’ala maka kelak ketika masuk surga akan memasuki pintu Baab Al-Dhikr.

Baca Juga: “Sholat Taubat: Niat, Doa, Serta Keutamaannya.”

Kesimpulan

Surga adalah tempat tinggal yang dijanjikan Allah kepada para hamba-hambanya yang patuh dan taat. Serta di Surga itu juga ada pintu-pintu Surga yang kelak akan di masuki oleh para penghuninya. Jadi mulai sekarang ayo tingkatkan amal sholeh serta ibadah kita kepada Allah Subhanahu wata’ala agar kelak kita menjadi salah satu penghuni Surganya Allah Subhanahu wata’ala, Amin.

Demikian pembahasan artikel mengenai Pintu Surga, jika ada kesalahan admin mohon maaf, semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

Tinggalkan Balasan