fbpx

Hai teman, bagaimana kabar kalian?, semoga sehat dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Puasa Ramadhan lengkap”. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Puasa Ramadhan?

Puasa Ramadhan adalah puasa wajib yang dilakukan oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia selama sebulan penuh. Puasa ini dilakukan mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari atau sampai azan maghrib berkumandang. Serta puasa itu harus didasari dengan niat yang tulus serta bertujuan untuk meraih ridha Allah Subhanahu wata’ala.

Baca juga: “Doa Ketika Turun Hujan

Apa Dalil Puasa Ramadhan?

1. Al Quran Surah Al-Baqarah Ayat 185

Dalil Tentang Puasa Ramadhan

Artinya: “(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.”

2. Hadist Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam

Dari Abdullah bin Umar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya:

Islam didirikan diatas lima perkara yaitu bersaksi bahwa tiada sesembahan yang berhak disembah secara benar kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, mengerjakan haji ke baitullah dan berpuasa pada bulan ramadhan.” (Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

Baca juga: “Berhijab Bagi Kaum Wanita

Kapan Dilakukannya Puasa Ramadhan?

Puasa ramadhan dilakukan pada bulan ramadhan selama sebulan penuh. Dimulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari atau ketika azan maghrib berkumandang.

Bagaimana Tata Cara Puasa Ramadhan?

  1. Niat
    Ibadah itu tergantung niatnya, maka niatkanlah dalam hati agar puasa yang dilakukan dapat diterima oleh Allah Subhanahu wata’ala.
  2. Sahur
    Sahur adalah makan yang dilakukan pada saat sebelum berpuasa yakni ketika waktu dini hari.
  3. Menahan diri Dari Yang Membatalkan Puasa
    Pada saat berpuasa dilarang melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa seperti maka dan minum dengan disengaja, berhubungan suami istri dan masih banyak yang lainnya.
  4. Bersegera Untuk Berbuka
    Jika sudah mendengar azan maghrib maka bersegeralah untuk berbuka puasa.

Baca juga: “Apa itu Husnudzan?

Apa Syarat Wajib Puasa Ramadhan?

Syarat wajib adalah hal-hal yang menyebabkan seseorang menjadi wajib untuk berpuasa. Berikut ini adalah syarat wajib berpuasa yakni sebagai berikut.

  1. Beragama Islam
  2. Baligh
  3. Mempunyai akal sehat
  4. Mampu untuk mengerjakan
  5. Suci dari hadast besar, seperti suci dari haid maupun nifas bagi wanita.
  6. Tidak dalam berpergian.

Apa keutamaan Berpuasa Ramadhan?

1. Bulan Di Turunkannya Al Quran.

Bulan ramadhan merupakan bulan yang mulia, karena pada bulan inilah Al Quran diturunkan.

2. Bulan Penuh Berkah

Setiap ibadah yang dilakukan di bulan ramadhan maka pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah. Namun keberkahan ini tidak hanya menyangkut pahala saja melainkan keberkahan yang lainnya seperti dari segi ekonomi para pedagang makanan akan mendapat banyak sekali keuntungan pada saat bulan ramadhan tiba.

3. Mendapat Ampunan

Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam yang artinya:

Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni.” (Hadits ini diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

Sekian pembahasan mengenai “Puasa Ramadhan”. Semoga pembahasan diatas dapat meningkatkan semangat untuk berpuasa di bulan ramadhan. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Kategori: Pendidikan

Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan