Puasa

puasa

Hai teman, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga sehat selalu dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Puasa mulai dari pengertiannya, macamnya, syarat, rukun, dan manfaatnya”. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: “Pengertian dan Tata Cara Berwudhu

Pengertian Puasa

Puasa menurut bahasa adalah Al-imsaak, yang berarti menahan diri dari hal tertentu. Adapun secara istilah puasa adalah menahan diri dari suatu hal yang dapat membatalkan puasa mulai dari terbit matahari sampai waktu terbenamnya. Dalil mengenai puasa sudah ada dalam Al Quran Surah Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

Macam-Macamnya

Puasa itu ada dua macam yakni ada yang wajib dan ada yang sunnah. Puasa wajib adalah puasa yang harus dikerjakan dan apabila tidak dikerjakan maka akan mendapat dosa, adapun contoh dari puasa wajib adalah puasa di bulan Ramadhan. Sedangkan puasa sunnah adalah apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala dan apabila tidak dikerjakan tidak mendapat dosa.

Baca juga: “Pentingnya Mempunyai Sifat Qana’ah

Syarat-Syaratnya

Berikut di bawah ini adalah syarat wajibnya diantaranya:

  1. Muslim.
  2. Sudah dewasa (Baligh).
  3. Mempunyai akal yang sehat.
  4. Sehat baik jasmani maupun rohani.
  5. Tidak dalam perjalanan (musafir).
  6. Suci dari haid maupun nifas.
  7. Mempunyai kemampuan dalam melaksanakannya.

Baca juga: “Cara Mendidik Anak

Rukun-Rukunnya

Berikut di bawah ini adalah rukun-rukunnya diantaranya:

  1. Berniat.
  2. Menahan diri dari hal yang dapat membatalkan.
  3. Menahan diri dari jima.
  4. Berbuka pada saat waktu magrib sudah tiba.

Manfaat Bagi Kesehatan

Selain mendapatkan pahala dari Allah Subhanahu wata’ala, menahan lapar dan haus selama beberapa waktu juga dapat berdampak baik bagi kesehatan, adapun manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kesehatan Jantung.
    Pada saat seseorang menahan diri dari makan dan minum mulai dari terbit matahari sampai waktu terbenamnya, itu dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat, alhasil hal tersebut bermanfaat untuk kesehatan jantung.
  2. Menjaga berat badan.
    Orang yang tidak makan dan minum selama beberapa saat dapat mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, yang mana hal tersebut dapat menurunkan dan menjaga berat badan tubuh.
  3. Mencegah penyakit diabetes.
    Penyakit diabetes itu disebabkan oleh kelebihan gula dalam darah. Ketika ada orang yang pantang makan dan minum dalam beberapa waktu maka hal tersebut dapat mencegah terjadinya kelebihan gula dalam darah yang pada akhirnya penyakit diabetes dapat dicegah.
  4. Mengurangi kolesterol.
    Orang yang kelebihan kolesterol dapat memicu beberapa penyakit seperti stroke dan jantung. Ketika ada orang yang tidak makan dan minum dalam beberapa waktu itu terbukti dapat menurunkan kolesterol dalam darah, sehingga hal tersebut dapat menghindarkan dari penyakit stroke dan jantung.
  5. Mengurangi peradangan.
    Dengan menahan lapar dan haus dapat membantu mengurangi peradangan dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Menurut studi kecil telah membuktikan bahwa orang yang menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam sehari dapat membantu menurunkan peradangan yang ada dalam tubuh.

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa menahan lapar dan haus dalam beberapa waktu itu mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Selain membuat tubuh menjadi sehat, ibadah tersebut juga dapat mendatangkan balasan pahala dari Allah Subhanahu wata’ala.

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “tema tersebut yang dimulai dari pengertiannya, macamnya, syarat, rukun, dan manfaatnya”. Semoga pembahasan di atas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *