Kamu Berpuasa? Tahukah Kamu Bahwa Puasamu Akan Sia-Sia Karena 7 Hal Ini

Puasamu Akan Sia-Sia Karena Hal Berikut

Puasamu Akan Sia-Sia Karena Hal Berikut

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadan. Pada bulan suci ini kita diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa. Puasa adalah menahan diri dari lapar dan haus, serta segala perbuatan yang dapat membatalkan puasa, mulai dari terbit matahari sampai terbenamnya matahari. Puasa ramadan merupakan ibadah wajib bagi umat muslim, maka dengan demikian apabila ada orang muslim yang dengan sengaja meninggalkan ibadah wajib ini tanpa alasan yang dibenarkan maka orang tersebut akan mendapatkan dosa.

Baca juga: “Jangan Terlalu Pikirkan 3 Hal Ini Ketika Bulan Ramadan Tiba

Oleh karena itu ayo kita berpuasa di bulan ramadan ini, karena akan sangat disayangkan apabila dibulan yang penuh ampunan ini kita tidak melakukan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya yang dapat mendatangkan banyak pahala. Namun ingat, ada lho orang yang berpuasa penuh dibulan ramadan tapi pahala puasanya itu terbuang sia-sia, nah itu bisa terjadi karena orang tersebut melakukan hal-hal berikut, apa itu? Berikut ini adalah ulasannya.

1. Berpacaran

Ini yang paling banyak dilakukan oleh muda-mudi zaman sekarang. Tahukah kamu bahwa pacaran adalah suatu hal yang sangat dilarang dalam Islam, sebab hal tersebut dapat menjerumuskan para pelakunya ke dalam perbuatan zina. Sedangkan kita tahu bahwa zina itu termasuk perbuatan yang sangat buruk dalam Islam, bahkan mendekatinya pun sudah sangat dilarang, hal ini sudah dijelaskan dalam Al-Quran yang berbunyi:

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا ۖ إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

Artinya: “Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (Surah Al-Isra’ Ayat 32)

Oleh karena itu pada bulan ramadan jauhilah perbuatan yang dapat mendekatkan diri pada perilaku zina, seperti berpacaran, agar puasa yang sudah dilakukan selama 30 hari tidak sia-sia.

Baca juga: “Suka Baca Al-Quran? Berikut 5 Keutamaan Bagi Kamu Yang Suka Baca Al-Quran

2. Berkata Kasar

Berkata kasar pada saat kita sedang melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadan adalah suatu hal yang tidak dibenarkan. Seharusnya pada saat berpuasa kita itu dianjurkan untuk menahan amarah seperti tidak mengucapkan kata-kata kasar. Sebab kata-kata kasar yang keluar dari mulut dapat membuat pahala puasa kita berkurang. Jadi sebisa mungkin pada saat berpuasa tahanlah amarahmu agar puasamu tidak menjadi sia-sia.

3. Memandangi Lawan Jenis Dengan Syahwat

Melihat lawan jenis dengan syahwat adalah suatu hal yang dilarang, sebab hal tersebut dapat menjerumuskan seseorang ke dalam perbuatan zina. Hal ini biasanya sering terjadi pada kaum laki-laki ketika melihat perempuan yang sangat cantik. Oleh karena itu pada saat bulan ramadan tiba kita dianjurkan untuk menjaga pandangan dari hal-hal yang dilarang dalam Islam, agar kita dapat terhindar dari dosa. Akan sangat disayangkan apabila pada saat bulan ramadan yang seharusnya kita mendapat ampunan malah mendapatkan dosa.

Baca juga: “Apakah Kalian Punya Sikap Toleransi? Berikut 3 Hal Penting Tentang Toleransi Yang Harus Kamu Tahu

4. Berdusta

Berdusta merupakan suatu perbuatan yang sangat buruk, dan kita sebagai orang muslim wajib untuk menghindari perbuatan ini. Apalagi bila kita berdusta pada saat sedang berpuasa maka kita hanya akan mendapatkan rasa haus dan lapar saja tanpa mendapatkan pahala puasa. Oleh karena itu jauhi dusta pada saat berpuasa agar puasa kita mendatangkan banyak pahala.

Baca juga: “Pengertian Dusta dan Bahaya Perilaku Dusta

5. Meninggalkan Sholat Wajib

Sholat wajib 5 waktu dalam sehari itu adalah ibadah yang harus dilaksanakan oleh umat muslim, sebab apabila meninggalkan sholat wajib tersebut maka pelakunya akan mendapat dosa yang sangat besar. Apalagi bila pada saat melakukan ibadah puasa ramadan itu kita meninggalkan sholat wajib, maka puasa yang kita lakukan itu bisa jadi akan sia-sia.

6. Ghibah

Ghibah adalah suatu perbuatan yang suka membicarakan kejelekan orang lain baik itu tentang jasmaninya, akhlaknya, agamanya maupun kejelekan-kejelekan lainnya. Oleh karena itu akan sia-sia ibadah puasa yang dilakukan oleh seorang muslim apabila ia suka membicarakan kejelekan orang lain. Jadi sebisa mungkin jauhi sikap ghibah ini apabila sedang berpuasa di bulan ramadan.

Baca juga: “Ghibah: Pengertian, Dalil, Hukum, dan Contohnya

7. Riya’

Riya’ merupakan perbuatan yang sangat tercela karena beribadah bukan berniat karena Allah melainkan untuk memperoleh pujian dari orang lain. Jadi bagi kalian yang sedang berpuasa di bulan ramadan maka niatkan hanya kepada Allah dan janganlah kalian sekali-kali meniatkan ibadah puasa karena hanya ingin mendapat pujian dari orang lain, sebab hal tersebut dapat membuat puasamu menjadi sia-sia.

Baca juga: “Riya’: Pengertian, Ciri, dan Cara Menghindarinya

Itu tadi adalah 7 hal yang dapat membuat puasamu menjadi sia-sia. Oleh karena itu jauhi 7 hal di atas agar ibadah puasamu bernilai ibadah dan mendapatkan pahala dari Allah Subhanahu wata’ala. Semoga ibadah puasa ramadan kali ini kita diberi kelancaran dalam melaksanakannya.

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Hal Yang Dapat Membuat Puasa Kita Menjadi Sia-Sia”. Semoga pembahasan di atas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *