Reksa Dana Syariah

Assalamualaikum wr wb

Halo semua apa kabar? Semoga kabar kamu hari ini baik-baik saja ya. Kali ini admin akan berbagi artikel tentang “Keuntungan Investasi Reksa Dana Syariah”. Bagaimana kamu tertarik tidak? Jika ya, yuk simak pembahasan artikel di bawah ini.

Baca juga: “Daftar Investasi Syariah Yang Harus Kamu Coba.”

Pengertian Reksa Dana Syariah

Reksa dana merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat yang kemudian dana tersebut di investasikan ke portofolio efek oleh manager investasi. Jadi bisa dibilang di reksa dana itu kamu sebagai investor cuma menyetor sejumlah dana, kemudian dana kamu tersebut akan dikelola oleh manajer investasi yang memang sudah profesional di bidangnya. Nah itu tadi adalah pengertian dari reksa dana, sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah reksa dana syariah itu apa? Reksa Dana syariah secara arti sama dengan reksa dana konvensional namun yang membedakan disini adalah produk reksa dananya harus dikelola sesuai dengan prinsip syariah. Berikut adalah penjelasan lengkapnya, “Reksa Dana Syariah merupakan wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat yang kemudian dana tersebut di investasikan ke dalam portofolio efek seperti saham, obligasi serta instrumen pasar uang yang sesuai dengan ketentuan dan prinsip syariah”. Itu tadi adalah arti dari reksa dana syariah, namun bagi kamu yang tertarik untuk memulai berinvestasi di reksa dana syariah maka ikutilah tips-tips berikut ini agar investasi kamu lebih menguntungkan.

Tips Investasi Reksa Dana Syariah

  1. Pilih platform Investasi Reksa Dana yang sudah terdaftar di OJK. Penting sekali untuk memastikan bahwa platform investasi reksa dana sudah terdaftar di OJK sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD), karena jika belum terdaftar itu artinya platform tersebut belum ada pengawasan, jadi sangat beresiko sekali jika kamu berinvestasi di lembaga/perusahaan/platform yang belum ada izin dari OJK.

  2. Pilih produk reksa dana syariah yang sesuai dengan tujuan investasi kamu. Reksa dana mempunyai beberapa produk seperti; reksa dana pendapatan tetap (investasi jangka pendek), reksa dana campuran (investasi jangka menengah), serta reksa dana saham (investasi jangka panjang). Jadi jika tujuan kamu berinvestasi jangka pendek maka pilihlah produk reksa dana pendapatan tetap, namun jika tujuan investasimu jangka panjang maka pilihlah jenis produk reksa dana saham

  3. Konsisten, maksud dari kata konsisten disini adalah kamu disarankan untuk terus menambah nilai investasimu setiap bulannya agar hasil serta profit yang kamu dapatkan bisa menjadi lebih maksimal.

Itu tadi adalah tips investasi di reksa dana syariah, namun kamu pasti akan bertanya-tanya apakah ini benar-benar menguntungkan? maka admin akan jawab “Menguntungkan”, namun untuk lebih jelasnya berikut adalah keuntungan yang akan kamu dapat dari investasi reksa dana syariah:

Keuntungan Investasi Reksa Dana Syariah

Pertama, Investasi Yang Sesuai Syariah. Yang membedakan antara investasi reksa dana syariah dengan reksa dana konvensional yakni adanya fitur cleansing yakni pembersihan reksa dana dari pendapatan yang tidak sesuai dengan prinsip syariah, jadi kamu yang seorang muslim tidak perlu takut lagi untuk investasi di reksa dana syariah.

Kedua , tidak perlu modal yang besar. Investasi reksa dana merupakan salah satu jenis investasi yang tidak memerlukan modal yang besar untuk memulainya. Kamu cukup sediakan dana Rp 10.000 saja kamu sudah bisa memulai berinvestasi, bagaimana? cukup murah bukan.

Ketiga , bisa dilakukan secara online. Sudah banyak platform/agen penjual reksa dana yang semua aktifitas baik itu pendaftaran akun, sampai jual belinya semuanya bisa dilakukan secara online, dengan begini kamu akan semakin dipermudah bukan.

Keempat, Produk reksa dana kebanyakan likuid. Maksud likuid disini yakni bisa dicairkan dengan mudah dan kapan saja. Jadi jika kamu tiba-tiba membutuhkan dana misal untuk membayar uang kuliah maka kamu bisa menjual reksa dana kamu serta mencairkannya kapan saja.

Kelima, Transparan. Manajer investasi sebagai pengelola resakdana wajib mengumumkan Nilai Aktiva Bersih serta menerbitkan laporan keuangan tahunan secara rutin dan teratur. Dengan adanya transparansi ini, kamu selaku investor bisa memonitor nilai investasimu rutin setiap hari.

Baca juga: “Keuntungan Investasi Saham Syariah.”

Bagaimana kamu tertarik untuk berinvestasi di reksa dana syariah? Jika ya maka segeralah mulai dan hasilkan keuntungan di masa yang akan datang. Demikianlah artikel ini dibuat, semoga bermanfaat, sekian dari admin dan terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

Tinggalkan Balasan