Sholat Taubat

Assalamualaikum wr wb

Halo apa kabar semuanya? Semoga kabar kalian baik-baik saja hari ini. Kali ini admin akan membagi artikel mengenai sholat Taubat. Bagaimana kamu penasaran kan? Oke simak penjelasannya dibawah ini.

Baca juga: “Sholat Hajat : Niat, Doa, dan Keutamaan.”

Pengertian Sholat Taubat

Sholat Taubat merupakan sholat sunnah yang dikerjakan untuk memohon ampun kepada Allah Subhanahu wata’ala atas segala dosa yang sudah kita lakukan. Untuk waktu pelaksanaannya, sholat taubat bisa dikerjakan kapan saja baik siang hari maupun malam hari, selain waktu yang memang diharamkan untuk mengerjakan sholat. Untuk waktu terbaik melaksanakan sholat taubat yang di 2/3 malam terakhir yakni antara jam 1 pagi hingga jam 3 pagi. Sedangkan jumlah rakaat sholat taubat yakni ada dua rakaat.

Niat Sholat Taubat

Dalam Islam ketika melakukan suatu perbuatan atau suatu aktifitas maka sangat dianjurkan untuk membaca niat terlebih dahulu agar perbuatan serta aktifitas yang akan kita jalani mendapat ridha dari Allah Subhanahu wata’ala. Berikut adalah bacaan niat sholat Taubat:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

“Ushollii sunnatat taubati rok’ataini lillaahi ta’aalaa.”

Artinya: “Aku berniat melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala“.

Baca juga: “Sholat Rawatib : Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya.”

Tata Cara Sholat Taubat

  1. Membaca niat Sholat Taubat
  2. Membaca takbiratul ikhram
  3. Membaca doa iftitah
  4. Membaca Al Fatihah
  5. Membaca surat yang ada di Al Quran
  6. Ruku’ dengan tuma’ninah
  7. Itidal dengan tuma’ninah
  8. Sujud dengan tuma’ninah
  9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  10. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  11. Berdiri kembali untuk menjalankan rakaat kedua
  12. Membaca Al Fatihah
  13. Membaca surat yang ada di Al Quran
  14. Ruku’ dengan tuma’ninah
  15. Itidal dengan tuma’ninah
  16. Sujud dengan tuma’ninah
  17. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  18. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  19. Duduk Tahiyat Akhir
  20. Membaca Salam

Doa Sholat Taubat

Berikut adalah bacaan doa sholat Taubat:

A. Membaca Bacaan Istighfar berikut ini (100 x)

أسْتَغْفِرُ اللّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لا إلَهَ إلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأتُوبُ إلَيْه

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

B. Memperbanyak Bacaan Tasbih

سُبْحَانَ اللّهِ وَ بِحَمْدِهِ

Artinya: “Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya.”

C. Membaca Doa Sholat Taubat

اَللّٰهُمَّ اِنِّى أَسْاَلُكَ تَوْفِيْقَ أَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ أَهْلِ الرَّغْبَةِ وَتَعَبُّدَ أَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَافَةً تَحْجُزُنِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَاعَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَاصِحَكَ فِى التَّوْبَةِ خَوْفًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّالَكَ وَحَتَّى أَتَوَكَّلَ عَلَيْكَ فَالأُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ. سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq (pertolongan)nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk (hidayah), dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Allah sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.”

D. Kemudian Membaca Doa Sayyidul Istighfar

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَاإِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَاصَنَعْتُ أَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لَايَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yang sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yang telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yang dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yang telah aku lakukan.”

Keutamaan Sholat Hajat

Berikut ini adalah berbagai keutamaan yang akan diperoleh seseorang ketika rajin mengerjakan sholat Taubat:

  1. Mendapat Ampunan Dari Allah Subhanahu wata’ala.
  2. Mendapatkan Doa dari Malaikat.
  3. Mendapatkan Cinta dan kasih sayang dari Allah Subhanahu wata’ala.
  4. Mendapatkan Surga dari Allah Subhanahu wata’ala.

Demikian pembahasan mengenai “Niat, Doa, dan Keutamaan Sholat Taubat”, semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

Apa itu Sholat Taubat?

Sholat Taubat merupakan sholat sunnah yang dikerjakan untuk memohon ampun kepada Allah Subhanahu wata’ala atas segala dosa yang sudah kita lakukan.

Berapa jumlah rakaat sholat taubat?

2 rakaat

Kapan waktu terbaik melaksanakan sholat taubat?

Sholat Taubat sebaiknya cepat dilakukan ketika kita berbuat dosa. Untuk waktu terbaik melaksanakan sholat taubat adalah di 2/3 malam yakni jam 1 pagi hingga jam 3 pagi.

Apa keutamaan atau manfaat yang diperoleh ketika melaksanakan sholat Taubat?

Mendapatkan ampunan dari Allah Subhanahu wata’ala, Mendapatkan Doa dari Malaikat, Mendapatkan Cinta dan kasih sayang dari Allah Subhanahu wata’ala, Mendapatkan Surga dari Allah Subhanahu wata’ala.

Tinggalkan Balasan