fbpx

Assalamualaikum wr wb

Halo semua apa kabar? Semoga kabar kamu hari ini baik-baik saja ya. Kali ini admin akan berbagi artikel tentang “Sifat Kikir Atau Pelit atau Bakhil”. Bagaimana kamu tertarik tidak? Jika ya, yuk simak pembahasan artikel di bawah ini.

Baca juga: “Hasad: Pengertian, Ciri, & Cara Menghindarinya.

Pengertian Kikir

Sifat kikir merupakan sifat yang sangat tercela, yakni sifat yang dimiliki seseorang yang hanya ingin menumpuk-numpuk harta namun tidak mau mensedekahkan sebagian hartanya di jalan Allah Subhanahu wata’ala. Allah Subhanahu wata’ala memperingatkan orang-orang yang memiliki sifat kikir melalui firman-Nya dalam Al Quran Surat Ali Imran Ayat 180:

وَلَا يَحْسَبَنَّ الَّذِينَ يَبْخَلُونَ بِمَا آتَاهُمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ هُوَ خَيْرًا لَهُمْ ۖ بَلْ هُوَ شَرٌّ لَهُمْ ۖ سَيُطَوَّقُونَ مَا بَخِلُوا بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۗ وَلِلَّهِ مِيرَاثُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۗ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: “Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Sifat ini sangatlah berbahaya baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Bisa dibayangkan jika seseorang sudah dikuasai oleh sifat kikir maka ia akan menghalalkan berbagai macam cara untuk memperoleh harta meski dengan cara yang tidak baik serta disisi lain dia tidak peduli dengan penderitaan orang lain disekitarnya. Berikut ini adalah bahaya yang mungkin ditimbulkan dari sifat kikir.

Baca juga: “Kriteria Memilih Calon Istri Terbaik Dalam Islam.”

Bahaya Sifat Bakhil atau Pelit

  1. Dapat melahirkan kedzaliman.
  2. Dapat melahirkan kejahatan.
  3. Dapat memutus tali silaturahmi atau persaudaraan.
  4. Dapat menjauhkan diri dari keimanan kepada Allah Subhanahu wata’ala
  5. Dapat mendatangkan azab dari Allah Subhanahu wata’ala.

Ciri Orang Yang Kikir

Berikut ini adalah ciri orang yang memiliki penyakit kikir, yakni:

  1. Suka menumpuk harta namun tidak suka bersedekah
  2. Tidak peduli dengan penderitaan orang lain.
  3. Suka merepotkan orang lain namun tidak suka direpotkan.

Cara Terhindar Dari Sifat Kikir

Banyak sekali dampak buruk yang ditimbulkan dari sifat tercela yang satu ini. Oleh karena itu kita sebagai seorang muslim wajib untuk menghindarinya. Berikut ini adalah tips agar kita terhindar dari sifat kikir:

  1. Selalu meyakinkan kepada diri kita bahwa harta yang kita miliki sekarang ini adalah sebuah titipan dari Allah Subhanahu wata’ala yang mana sebagian dari harta tersebut harus disedekahkan di jalan Allah Subhanahu wata’ala.
  2. Selalu mengingat dampak buruk yang akan ditimbulkan dari sifat bakhil ini yakni salah satunya mendapatkan azab di Akhirat kelak.
  3. Selalu meyakinkan kepada diri kita bahwa harta yang kita miliki kelak akan dipertanggung jawabkan di hadapan Allah Subhanahu wata’ala, dengan begitu kita akan termotifasi untuk selalu bersedah dan berinfaq.
  4. Selalu tumbuhkan sifat kepedulian terhadap sesama terutama mereka yang membutuhkan bantuan atau pertolongan.
  5. Terakhir yakni jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah Subhanahu wata’ala agar dihindarkan dari penyakit kikir.

Kesimpulan

Kikir adalah sifat yang sangat tercela yang wajib kita hindari. Banyak sekali dampak buruk yang ditimbulkan dari sifat kikir ini yakni salah satunya adalah mendatangkan azab yang pedih dari Allah Subhanahu wata’ala. Oleh karena itu kita selalu dianjurkan untuk berdoa setiap hari agar kita semua bisa dihindarkan dari sifat tercela yang satu ini.

(Dan perlu diingat bahwa semua ini Hanya Allah Yang Mengetahui)

Demikian artikel ini dibuat, jika ada kesalahan admin mohon maaf. Sekian dari admin dan terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.


Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan