fbpx

Hai teman, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga sehat selalu dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Sifat Taat Dalam Pandangan Islam”. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga:

Sifat Taat Dalam Pandangan Islam

Apa Itu Sifat Taat?

Taat adalah berusaha dengan sungguh-sungguh untuk selalu melaksanakan perintah dan menjauhi larangan dari Allah Subhanahu wata’ala. Ketaatan seorang manusia bisa diukur dengan melihat tingkat keimanannya. Semakin besar iman seseorang maka ia akan semakin taat kepada Allah Subhanahu wata’ala.

Allah berfirman dalam Al Quran Surah An-Nisa’ Ayat 59:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Taatilah Allah dan taatilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” (Surah An-Nisa’ Ayat 59)

Dalam surah diatas kita sebagai orang yang beriman diharuskan untuk taat kepada Allah, Rasul, dan Ulil Amri. Kemudian orang-orang yang selalu taat maka ia akan bersama-sama dengan orang yang diberikan nikmat oleh Allah, hal ini sesuai dengan firman Allah dalam surah An-Nisa’ Ayat 69:

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَالرَّسُولَ فَأُولَٰئِكَ مَعَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّينَ وَالصِّدِّيقِينَ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِينَ ۚ وَحَسُنَ أُولَٰئِكَ رَفِيقًا

Artinya: “Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid, dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.” (Surah An-Nisa’ Ayat 69)

Baca juga:

Makna Taat Kepada Allah

Makna taat kepada Allah itu ada 3 yakni patuh, tunduk, serta penurut.

1. Patuh

Makna patuh disini yakni patuh terhadap perintah dan menjauhi larangan Allah. Contoh patuh kepada perintah Allah yakni; menunaikan sholat wajib 5 waktu, berpuasa di bulan ramadhan, membayar zakat, serta perintah-perintah lainnya. Adapun menjauhi larangan Allah, contohnya seperti; tidak meninggalkan sholat wajib, tidak mencuri, tidak mempunyai sifat sombong, tidak suka ghibah, tidak memakan riba, dan menjauhi larangan-larangan lainnya.

2. Tunduk

Makna tunduk disini yakni tunduk terhadap semua keputusan ataupun kehendak dari Allah Subhanahu wata’ala. Contoh tunduk kepada keputusan dan ketetapan Allah yakni seperti kelahiran seseorang, kematian seseorang, penampilan fisik seseorang, jenis kelamin, dan lain sebagainya.

3. Penurut

Makna penurut disini yakni menuruti semua ajaran maupun aturan yang berasal dari agama Islam. Contoh penurut yakni seperti melaksanakan wudhu, tayamum, sholat, berpuasa, dan ibadah yang lainnya harus sesuai dengan ajaran dan aturan Islam.

Baca juga:

Contoh Sifat Taat

Adapun contoh dari sifat taat kepada Allah, yakni sebagai berikut.

  1. Melaksanakan sholat wajib 5 waktu dalam sehari.
  2. Menunaikan ibadah puasa dibulan Ramadhan.
  3. Membayar Zakat.
  4. Melaksanakan ibadah haji bagi orang yang mampu.
  5. Bersabar ketika ditimpa suatu musibah ataupun bencana.
  6. Bersikap jujur.
  7. Selalu beramal sholeh.

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Sifat Taat Dalam Pandangan Islam”. Semoga pembahasan di atas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.


Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan