Sifat Tamak Atau Rakus Atau Serakah

Assalamualaikum wr wb

Halo semua apa kabar? Semoga kabar kamu hari ini baik-baik saja ya. Kali ini admin akan berbagi artikel tentang “Sifat Tamak atau Rakus atau serakah”. Bagaimana kamu tertarik tidak? Jika ya, yuk simak pembahasan artikel di bawah ini.

Baca juga: “Sifat Ghibah: Pengertian, Ciri, dan Cara Menghindarinya.”

Pengertian Tamak

Tamak atau rakus atau serakah merupakan suatu sifat yang tak pernah merasa puas akan apa yang sudah diperoleh saat ini, atau bisa dikatakan bahwa tamak ini adalah kecintaan dengan harta dunia secara berlebihan. Tamak merupakan sebuah penyakit hati yang mana mereka yang terjangkit penyakit ini akan selalu merasa tidak puas bahkan selalu menginginkan lebih, tidak peduli cara untuk memperolehnya itu sesuai dengan syariah atau tidak. Allah berfirman dalam Surat Al-Baqarah Ayat 96:

وَلَتَجِدَنَّهُمْ أَحْرَصَ النَّاسِ عَلَىٰ حَيَاةٍ وَمِنَ الَّذِينَ أَشْرَكُوا ۚ يَوَدُّ أَحَدُهُمْ لَوْ يُعَمَّرُ أَلْفَ سَنَةٍ وَمَا هُوَ بِمُزَحْزِحِهِ مِنَ الْعَذَابِ أَنْ يُعَمَّرَ ۗ وَاللَّهُ بَصِيرٌ بِمَا يَعْمَلُونَ

Artinya: “Dan sungguh kamu akan mendapati mereka, manusia yang paling loba kepada kehidupan (di dunia), bahkan (lebih loba lagi) dari orang-orang musyrik. Masing-masing mereka ingin agar diberi umur seribu tahun, padahal umur panjang itu sekali-kali tidak akan menjauhkannya daripada siksa. Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.”

Nb: loba bisa diartikan tamak, serakah, atau rakus

Dampak Negatif atau Bahaya Dari Sifat Tamak:

Banyak sekali dampak negatif yang ditimbulkan dari sifat tamak ini. Berikut adalah beberapa dampak negatif atau bahaya dari sifat tamak:

  1. Dapat Menyebabkan seseorang menjadi tidak pandai bersyukur atas karunia yang Allah Subhanahu wata’ala berikan.
  2. Dapat menjauhkan diri dari Allah Subhanahu wata’ala.
  3. Dapat menyebabkan sifat bakhil atau kikir, sebab takut hartanya menjadi berkurang.
  4. Mendapatkan dosa dari Allah Subhanahu wata’ala.
  5. Dapat dijauhi banyak orang.

Ciri-Ciri Sifat Tamak

Berikut ini adalah ciri seseorang yang memiliki sifat tamak yang perlu kamu ketahui.

  1. Mencintai harta benda secara berlebihan.
  2. Selalu merasa tidak puas dan bahkan bernafsu ingin menambah dengan cara apapun tidak peduli itu diperoleh dengan cara yang baik atau tidak.
  3. Tidak pandai bersyukur atas nikmat yang ia peroleh saat ini.
  4. Tidak mau bersedekah, karena takut nanti hartanya berkurang.

Cara Menghindari Sifat Tamak

Bagaimanapun juga tamak merupakan perbuatan yang sangat tercela. Oleh karena itu kita sebagai seorang muslim wajib untuk menghindari sifat yang satu ini, sebab jika tidak maka kita akan memperoleh azab dari Allah Subhanahu wata’ala. Berikut adalah tips bagaimana terhindar dari sifat tamak.

  1. Bersyukur atas nikmat yang Allah Subhanahu wata’ala berikan.
  2. Biasakan untuk hidup sederhana dan jangan boros dalam membelanjakan harta.
  3. Perbanyak sedekah di jalan Allah Subhanahu wata’ala.
  4. Rajin-rajinlah untuk terus beribadah dan berdoa kepada Allah Subhanahu wata’ala.
  5. Selalu ingat bahwa harta benda yang kita peroleh di dunia ini akan dipertanggung jawabkan kelak di akhirat, dengan begitu kita akan selalu termotifasi untuk memperoleh harta dengan cara yang halal.

Baca juga: “Kriteria Memilih Calon Istri Terbaik Dalam Islam.”

Kesimpulan

Bagaimana sekarang kamu menjadi tahu bukan mengenai sifat tamak ini. Tamak merupakan perbuatan yang sangat tercela oleh karena itu kamu wajib menghindarinya, namun bagi yang sudah terlanjur melakukan maka segera bertobat kepada Allah Subhanahu wata’ala agar dapat memperoleh ampunan atas dosa tersebut. Sebab jika tidak bertobat ditakutkan kelak di akhirat nanti akan mendapatkan azab dari Allah Subhanahu wata’ala.

(Dan perlu diingat bahwa semua ini Hanya Allah Yang Mengetahui)

Demikianlah artikel tentang Tamak atau Rakus atau Serakah, semoga bermanfaat, namun jika ada kesalahan admin mohon maaf. Sekian dari admin dan terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb.

Tinggalkan Balasan