Apakah Kalian Punya Sikap Toleransi? Berikut 3 Hal Penting Tentang Toleransi Yang Harus Kamu Tahu

Sikap Toleransi

Kita ini tinggal di Indonesia yang mana negara ini penuh dengan keragaman. Mulai dari bahasa, agama, ras, budaya, dan lain sebagainya. Karena banyaknya keragaman di negeri ini maka kita perlu memiliki sikap toleransi antar umat manusia yang mana hal tersebut dapat menjaga keutuhan negara ini. Bayangkan saja apabila setiap orang di negeri ini tidak memiliki sifat bertoleransi bisa gawat nantinya.

Baca juga: “2 Hal Yang Penting Harus Kamu Ketahui Tentang Para Rasul

Dengan bertoleransi kita dapat saling menghormati dan menghargai antar sesama, karena sejatinya perbedaan itu bukanlah sesuatu yang harus dipermasalahkan, justru dengan perbedaan inilah negeri ini bisa menjadi sebesar ini. Bicara tentang toleransi berikut ini adalah 3 hal penting yang harus kamu ketahui tentang toleransi, penasaran? Berikut ulasannya.

1. Toleransi itu Apa Sih?

Menurut KBBI toleransi itu diartikan sebagai sikap toleran antar sesama yang mempunyai perbedaan. Dari pengertian tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut yakni toleransi adalah suatu sikap saling menghargai dan menghormati antar sesama manusia walaupun orang tersebut berbeda agama, budaya, ras, maupun bahasa. Toleransi itu penting sekali ada di dalam kehidupan bermasyarakat, sebab dengan adanya sikap tersebut maka akan tercipta suatu kerukunan antar sesama. Dalam Islam sendiri toleransi adalah suatu hal yang penting, hal ini sesuai dengan firman Allah yang berbunyi:

Surah Yunus Ayat 40

وَمِنْهُمْ مَنْ يُؤْمِنُ بِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ ۚ وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِالْمُفْسِدِينَ

Artinya: “Di antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al Quran, dan di antaranya ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui tentang orang-orang yang berbuat kerusakan.”

Surah Yunus Ayat 41

وَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ ۖ أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا أَعْمَلُ وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ

Artinya: “Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: “Bagiku pekerjaanku dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan akupun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan”.”

Baca juga: “5 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Jenazah

2. Jenis dan Contoh Sikap Toleransi

Toleransi itu terdiri atas beberapa jenis seperti toleransi beragama, toleransi berbudaya, toleransi berpolitik, toleransi di keluarga, dan lain sebagainya. Adapun toleransi dalam beragama itu seperti menghormati dan menghargai cara beribadah umat lain, tidak mengganggu atau melarang orang lain untuk melakukan ibadah sesuai dengan agamanya masing-masing, serta tidak juga mencampur adukkan ajaran agama karena setiap agama memiliki ajarannya masing-masing.

Selanjutnya toleransi dalam berbudaya itu seperti saling menghormati budaya orang lain, sebab kita tahu bahwa Indonesia ini adalah negara dengan berbagai macam kebudayaan yang beranekaragam. Kemudian toleransi dalam berpolitik itu seperti menghargai hak orang lain dalam berpendapat, hal ini dikarenakan setiap orang itu mempunyai pendapat masing-masing bukan?, oleh karena itu sifat toleransi dapat menjembatani perbedaan tersebut agar tercipta suatu kerukunan. Adapun toleransi di keluarga itu seperti menjaga privasi setiap anggota keluarga, karena kita tahu bahwa setiap anggota keluarga pasti memiliki privasi masing-masing. Dengan adanya sifat toleransi keharmonisan dalam kehidupan keluarga dapat selalu terjaga.

Baca juga: “Beriman Kepada Kitab Allah

3. Manfaat Bertoleransi

Banyak sekali manfaat yang diperoleh apabila masyarakat itu memiliki sifat toleransi yakni pertama menjaga kerukunan antar sesama manusia, dengan adanya toleransi maka konflik akibat perbedaan bisa diminimalkan . Kedua menyatukan perbedaan, sudah dijelaskan di awal bahwa Indonesia itu negara dengan berbagai macam perbedaan, dengan menjaga toleransi antar sesama maka Indonesia akan menjadi negara yang kuat. Ketiga menciptakan kehidupan yang damai, toleransi adalah suatu sifat yang dapat menjaga perdamaian, sebab damai hanya didapat jika ada orang yang mau menghargai dan menghormati antar sesama.

Itu tadi adalah 3 hal penting mengenai sikap toleransi. Oleh karena itu ayo sebagai sesama umat manusia untuk hidup rukun, saling menghormati, serta saling menghargai agar negeri tercinta ini menjadi negeri yang aman dan damai.

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Sikap Toleransi”. Semoga pembahasan di atas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *