Bahan Pembuatan Surga

Mengintip Surganya Allah Subhanahu wata’ala

Assalamualaikum wr wb

Kalau sudah ngomongin tentang Surga apa yang akan terbayang dipikiran kalian? Tempat yang indah? Bangunan yang megah nan mewah? Makanan yang enak nan lezat? Ok daripada banyak bertanya dan berfikir langsung saja baca artikel dibawah mengenai Surga.

Pengertian Surga

Surga adalah tempat kembali terbaik bagi umat muslim yang di masa hidupnya selalu patuh dan tunduk dengan semua perintah dari Allah Subhanahu wata’ala . Menjadi penghuni surga merupakan suatu nikmat dari Allah Subhanahu wata’ala. Dengan segala kenikmatan yang ada di dalamnya banyak manusia yang berlomba-lomba untuk bisa menjadi salah satu penghuninya. Namun tahukah Anda sebenarnya Surga itu terbuat dari apa? Apakah sama dengan yang ada di bumi yang kita tinggali sekarang ini?.

Macam-Macam Surga dan Bahan Pembuatannya

1. Surga Firdaus

Surga Firdaus adalah surga yang paling tinggi dalam agama Islam. Surga Firdaus ini oleh Allah Subhanahu wata’ala diciptakan dari emas. Allah Subhanahu wata’ala berfirman dalam AL-Quran surat Al-Mukminun ayat 1-11 yang artinya:

“Sesungguhnya menanglah orang-orang yang beriman. Orang-orang yang khusyu` di dalam melakukan sembahyang. Dan orang-orang yang terhadap segala laku yang sia-sia me­nampik dengan keras. Dan orang-orang yang mengerjakan ZAKAT. Dan orang-orang yang selalu menjaga faraj (kelamin) mereka. Kecuali terhadap isterinya atau hambasahayanya, maka tidaklah mereka tercela. Tetapi barangsiapa yang masih memilih jalan di luar itu, itulah orang-orang yang telah melang­gar garis. Dan orang-orang yang menjaga dengan baik terhadap amanat dan janjinya. Dan orang-orang yang meme­lihara dan menjaga semua waktu sembahyangnya. Mereka itulah yang akan me­warisi. Yang akan mewarisi syurga Firdaus dan di sanalah mereka mencapai khulud (kekal) selama­lamanya.”

Baca Juga: “Boleh Tidak Sholat Menggunakan Masker?

2. Surga ‘Adn

Surga ‘Adn diciptakan oleh Allah Subhanahu wata’ala dari intan putih. Berikut adalah firman Allah Subhanahu wata’ala mengenai Surga ‘Adn:

Surat Ar-ra’du 22-24

“Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik), (yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu; (sambil mengucapkan): “Salamun ‘alaikum bima shabartum”. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.”

Surat Maryam ayat 60-61

“Kecuali orang yang bertobat, beriman dan mengerjakan kebajikan, maka mereka itu akan masuk surga dan tidak dizhalimi (dirugikan) sedikit pun, yaitu surga ‘Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pengasih kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (surga itu) tidak tampak. Sungguh, (janji Allah) itu pasti ditepati.”

Surat Thaahaa ayat 75-76

“Dan barang siapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan beriman, lagi sungguh sungguh telah beramal saleh, maka mereka itulah individu individu yang memperoleh tempat tempat yang tinggi (mulia),  (yaitu) syurga ‘Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Dan itu adalah balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan)”

3. Surga Na’im

Surga Na’im merupakan surga yang Allah ciptakan dari perak putih. Allah Subhanahu wata’ala berfirman dalam Al-Quran surat Al-Qalam ayat 34 yang artinya:

“Sesungguhnya bagi individu individu yang bertakwa (disediakan) jenis surga dalam islam yang penuh kenikmatan di sisi Tuhannya.”

4. Surga Ma’wa

Surga Ma’wa diciptakan oleh Allah dari Zamrud hijau, Allah Subhanahu wata’ala berfirman dalam Al-Quran An-Nazi’at : 40-41 yang artinya:

“Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya syurgalah tempat tinggal(nya).”

5. Surga Darussalam

Surga Darussalam merupakan Surga yang Allah ciptakan dari Yakut merah. Allah Subhanahu wata’ala berfirman dalam Al-Quran Surat Al-An’am : 125-127 yang artinya:

“Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya , niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman. Dan inilah jalan Tuhanmu; (jalan) yang lurus. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan ayat-ayat (Kami) kepada orang-orang yang mengambil pelajaran.”

6. Surga Darul Muqamah

Surga Darul Muqamah merupakan surga yang diciptakan oleh Allah dari permata putih.

7. Surga Al-Maqamul Amin

Surga Al-Maqamul Amin merupakan surga yang Allah ciptakan dari emas.

8. Surga Khuldi

Surga Khuldi adalah surga yang diciptakan oleh Allah dari Marjan merah dan kuning.

(Hanya Allah Yang Mengetahui)

Demikianlah penjelasan mengenai bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Surga. Semoga kita semua termasuk dari salah satu penghuni Surga, Amin. Sekian, terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb

Tinggalkan Balasan