Suudzon Dalam Islam

Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakaatuh

Halo semua apa kabar? Semoga kabar kamu hari ini baik-baik saja ya. Kali ini admin akan berbagi artikel tentang “Suudzon”. Bagaimana kamu tertarik tidak? Jika ya, yuk simak pembahasan artikel di bawah ini.

Baca juga: “Sifat Sombong atau Takabur dalam Islam.”

Pengertian Suudzon

Suudzon adalah berburuk sangka terhadap orang lain atau bisa juga diartikan sebagai sifat yang suka mencari-cari kesalahan atau keburukan orang lain. Sifat ini sangatlah tercela, Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman dalam Al Quran Surat Al-Hujurat Ayat 12:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

Bahaya Suudzon

Selain itu sifat yang satu ini juga bisa mendatangkan bahaya atau dampak buruk bagi para pelakunya jika mereka belum bertobat. Berikut ini adalah bahayanya:

  1. Dapat mengganggu kesehatan jiwa.
  2. Mendapatkan Dosa dari Allah Subhanahu wa ta’ala.
  3. Dapat menjadikan hidup kurang bahagia.
  4. Dapat memutuskan tali silaturahmi antar sesama.
  5. Dapat merusak diri sendiri.

Baca juga: “Sifat Tamak, atau Rakus, atau Serakah dalam Islam.”

Ciri-Ciri Suudzon

Agar kamu bisa lebih mengenali sifat yang tercela ini, berikut ini adalah ciri suudzon yang bisa kamu ketahui.

  1. Suka mengabaikan suatu kebenaran.
  2. Suka melontarkan tuduhan yang belum pasti benar kepada orang lain.
  3. Merasa dirinya lebih baik ketimbang orang lain.
  4. Suka mengingat keburukan-keburukan orang lain.

Cara Menghindari Suudzon

Berburuk sangka merupakan sifat yang sangat tercela. Oleh karena itu kita sebagai seorang muslim wajib untuk menghindarinya. Berikut ini adalah tips agar kita bisa menghindari sifat ini.

  1. Bertemanlah dengan orang-orang yang baik.
  2. Berhentilah untuk mencari-cari kesalahan atau keburukan orang lain.
  3. Jangan menuduh orang lain tanpa mempunyai bukti yang kuat.
  4. Selalu berfikir positif kepada orang lain.
  5. Berdoalah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar dihindarkan dari sifat tercela ini.

Kesimpulan

Suudzon adalah sifat yang tercela serta harus dihindari sejauh mungkin. Sebab jika kamu memiliki sifat ini maka bersiaplah dengan dampak buruk yang akan kamu peroleh seperti yang sudah disebutkan diatas. Oleh karena itu segeralah bertobat dan meminta ampun kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar kamu tidak memperoleh dosa.

(Dan perlu diingat bahwa semua ini Hanya Allah Yang Mengetahui)

Demikianlah pembahasan mengenai Suudzon dalam Islam, semoga artikel ini bermanfaat, namun jika ada kesalahan admin mohon maaf. Sekian artikel ini dibuat dan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakaatuh

Tinggalkan Balasan