fbpx

Hai teman, bagaimana kabar kalian?, semoga sehat dan dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Dalam kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah artikel tentang “Tawadhu”. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

infografis tentang tawadhu atau rendah hati

Baca juga: “Perbedaan Nabi dan Rasul

Apa Yang Dimaksud Dengan Tawadhu?

pengertian tawadhu

Tawadhu itu berarti rendah hati atau kerendahan hati, sedangkan dalam pengertian yang lebih luas Tawadhu adalah suatu sikap yang menyadari akan keterbatasan diri serta ketidakmampuan diri, yang mana dapat membuat seseorang itu tidak menjadi angkuh ataupun sombong. Ini merupakan salah satu akhlak terpuji dalam Islam.

Seseorang yang memiliki sifat ini akan selalu mudah untuk menerima kebenaran, serta tidak menyombongkan diri dihadapan Allah Subhanahu wata’ala. Sebab sombong merupakan sifat yang sangat dilarang, Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الْأَرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُولًا

Artinya: “Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” (Al Quran Surah Al-Isra’ Ayat 37)

Baca juga: “Menuntut Ilmu Dalam Pandangan Islam

Apa Dalil Mengenai Sifat Tawadhu Ini?

Berikut ini adalah dalil tentang sifat tawadhu.

A. Surah Al Furqan Ayat 63

dalil-tentang-tawadhu

Artinya: “Dan hamba-hamba Tuhan yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.”

B. Surah Asy-Syu’ara’ Ayat 215

dalil-tentang-rendah-hati

Artinya: “dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman.”

C. Surah As-Sajdah Ayat 15

dalil-tentang-jangan-sombong

Artinya: “Sesungguhnya orang yang benar-benar percaya kepada ayat-ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat itu mereka segera bersujud seraya bertasbih dan memuji Rabbnya, dan lagi pula mereka tidaklah sombong.”

Baca juga: “Hari Jumat Dalam Pandangan Islam

Contoh Sifat Tawadhu Itu Seperti Apa?

Berikut ini adalah beberapa sifat tawadhu yang bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Tidak Sombong

Sombong merupakan sifat yang sangat tercela oleh karena itu kita wajib menghindarinya. Tidak menyombongkan diri merupakan salah satu sifat tawadhu yang harus kita lakukan, contoh tidak sombong atas harta yang kita miliki, tidak sombong atas pangkat yang kita jabat, tidak sombong atas ilmu yang kita kuasai dan lain sebaginya.

2. Berteman dengan siapa saja.

Maksud berteman dengan siapa saja disini adalah berteman dengan tidak memandang derajat seseorang. Namun tetap pilihlah teman-teman yang baik dalam bergaul sebab jika kamu salah pergaulan bukannya kebaikan yang kamu dapat namun malah sebaliknya.

3. Menyembunyikan Kelebihan.

Setiap manusia pasti memiliki kelebihannya sendiri-sendiri, ada yang pintar dalam ilmu pengetahuan maupun agama, ada yang ahli dalam bidang sains, ada yang ahli dalam bidang kedokteran, ada yang memiliki fisik yang bagus dan kelebihan-kelebihan lainnya. Namun alangkah baiknya janganlah terlalu memamerkan kelebihan tersebut dihadapan banyak orang sebab dikhawatirkan hal tersebut akan menimbulkan sifat sombong.

4. Penyabar

Sabar merupakan sifat yang terpuji, orang yang rendah hati biasanya memiliki tingkat kesabaran yang sangat tinggi. Dengan memiliki sifat sabar maka seseorang tidak akan mudah mengeluh ataupun berputus asa atas apa yang telah menimpa dirinya.

Baca juga: “Puasa Ramadhan

Apa Keutamaan Memiliki Sifat Tawadhu?

Orang yang memiliki sifat rendah hati mempunyai banyak sekali keutamaan, berikut adalah keutamaan-keutamaan yang akan didapat.

A. Mencegah Sifat Sombong

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa perilaku sombong merupakan sifat yang sangat tercela dan harus dihindari sejauh mungkin. Oleh sebab itu cara agar terhindar dari sifat tersebut maka salah satunya adalah dengan membiasakan diri untuk bersifat tawadhu. Sifat rendah hati ini akan membentengi kita dari perilaku yang sangat buruk tersebut.

B. Derajat Akan diangkat Oleh Allah Subhanahu wata’ala

Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya:
Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.” (Hadist ini diriwayatkan oleh Muslim)

Dalam hadist tersebut dijelaskan bahwa Allah Subhanahu wata’ala akan menambah kemuliaan orang yang mudah memaafkan kesalahan orang lain serta mengangkat derajat orang yang merendahkan diri karena Allah Subhanahu wata’ala.

C. Disukai Banyak Orang

Kebanyakan orang lebih menyukai orang yang merendahkan dirinya ketimbang orang yang suka menyombongkan diri.

D. Hati Akan Selalu Tenang

Orang yang memiliki sifat tawadhu maka ia akan mendapatkan ketenangan dan kedamaian dalam hatinya. Hal ini dikarenakan ia tidak sombong atas kelebihan yang dimilikinya dan tidak mudah iri atas nikmat yang diperoleh orang lain.

E. Memiliki Banyak Teman

Orang yang rendah hati cenderung memilki banyak teman, berbeda halnya jika seseorang memiki sifat yang sombong dan angkuh maka orang tersebut akan dengan mudah dijauhi oleh teman-temannya karena sifatnya tersebut.

Baca juga: “Hutang Dalam Pandangan Islam

والله أعلمُ

Sekian pembahasan mengenai “Tawadhu Dalam Pandangan Islam”. Semoga pembahasan diatas memberikan tambahan ilmu serta wawasan bagi kita semua. Jika ada kesalahan kami mohon maaf. Sekian dari kami semoga bermanfaat dan terima kasih.


Mas Bayu

Seorang muslim yang hobi membaca dan menulis. Serta seorang mahasiswa semester akhir yang berjuang untuk lulus.

0 Komentar

Tinggalkan Balasan