Sholat Istikharah : Waktu, Bacaan Niat, Doa, serta Manfaat

Assalamualaikum wr wb

Sholat istikharah merupakan sholat sunnah dua rakaat yang dilaksanakan apabila kita memiliki sebuah pilihan yang berat serta mendesak. Tujuan dilakukan sholat Istikharah yakni tidak lain dan tidak bukan untuk mendapat pilihan terbaik dari Allah. Sesuai dengan judul yakni “Waktu, Bacaan, Doa serta Manfaat Sholat Istikharah” berikut dibawah ini adalah pembahasannya.

Waktu Sholat Istikharah

Sholat Istikharah bisa dilakukan kapanpun baik siang hari ataupun malam hari selain waktu-waktu yang memang dilarang untuk melaksanakan sholat. Waktu yang dilarang untuk mengerjakan sholat sunnah yakni sesuai dengan sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam yang artinya:

“Tidak ada Sholat Sesudah Sholat Subuh sampai Matahari Meninggi, dan tidak ada Sholat Sesudah Sholat Ashar sampai Matahari Tenggelam.”

(HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun waktu terbaik untuk mengerjakan sholat Istikharah yakni pada malam hari setelah sholat isya’ hingga sebelum memasuki waktu sholat shubuh. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad  Shallallahu ‘alaihi wasallam yang artinya:

“Di setiap malam Allah Subhanahu wa ta’ala turun ke Langit dunia sampai tersisa sepertiga malam terakhir. Dan Allah SWT berkata, ‘Adakah hambaku yang meminta sehingga pasti akan Aku berikan apa yang ia pinta. Adakah hambaku yg berdoa hingga pasti Aku akan kabulkan doa nya. Adakah Hambaku yang memohon ampunan (Beristighfar) sehingga aku akan ampuni dosanya.”

 (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga : “Boleh Tidak Sholat Menggunakan Masker?

Bacaan Niat Sholat Istikharah

Bacaan niat sholat Istikharah adalah sebagi berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

“Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa”.

Artinya:

“Aku berniat melaksanakan shalat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Untuk tata cara atau rukun sholat Istikharah yakni sama dengan sholat dua rakaat pada umumnya. Berikut adalah tata cara sholat Istikharah dua rakaat:

  1. Membaca niat Sholat Istikharah
  2. Membaca takbiratul ikhram
  3. Membaca doa iftitah
  4. Membaca Al Fatihah
  5. Membaca surat yang ada di Al Quran, diutamakan di rakaat pertama membaca surat Al Kafirun
  6. Ruku’ dengan tuma’ninah
  7. Itidal dengan tuma’ninah
  8. Sujud dengan tuma’ninah
  9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  10. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  11. Berdiri kembali untuk menjalankan rakaat kedua
  12. Membaca Al Fatihah
  13. Membaca surat yang ada di Al Quran diutamakan membaca surat Al Ikhlas
  14. Ruku’ dengan tuma’ninah
  15. Itidal dengan tuma’ninah
  16. Sujud dengan tuma’ninah
  17. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  18. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  19. Duduk Tahiyat Akhir
  20. Mengucapkan salam

Doa Sholat Istikharah

Berikut adalah bacaan doa Sholat Istikharah:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ. فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ (…) خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

“Allaahumma inni astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as aluka min fadlikal ‘aziimi fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul guyuub.”

“Allaahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro (…..) khairul lii fii diinii wa ma’aasyi faqdurhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fii hi wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii wa ‘aajlihii fashrifhu ‘annii wasrifnii ‘anhu waqdurhu liyal-khaira haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.”

Artinya:

“Ya Allah, aku meminta petunjuk kebaikan-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon keputusan-Mu dengan qudrat-Mu dan aku meminta dengan karunia-Mu yang besar, karena sesungguhnya Engkau yang berkuasa sedangkan aku tida berkuasa. Engkau Yang Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui dan Engkau Yang Maha Mengetahui segala yang gaib.

“Ya Allah, sekiranya engkau ketahui bahwa (sebutkan Pilihan yang dihadapi) baik untukku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir dari perkaraku ini, maka takdirkanlah ia untukku, mudahkanlah ia, lalu berkahilah aku padanya.”

“Ya Allah, dan sekiranya engkau mengetahui buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir dari perkaraku ini, maka hindarkanlah aku darinya, kemudian takdirkanlah untukku kebaikan bagaimanapun adanya, lalu berilah aku keridhaan dengannya.”

 (HR. AhmadDan Bukhari).

Baca Juga : “Surga Itu Terbuat Dari Apa Sih?

Manfaat Sholat Istikharah

Berikut adalah manfaat yang akan diperoleh jika mengerjakan sholat Istikharah:

  • Menyerahkan Hasilnya Hanya Kepada Allah

Shalat Istikharah dapat membuat kita hanya berharap dan menyerahkan semua hasil yang terbaik kepada Allah dan sesuai dengan keridhoan-Nya. Dan jangan pernah berpikiran bahwa dengan tanpa shalat dan menghadap Allah semua masalah yang kita alami dapat hasil yang terbaik.

  • Menenangkan diri

Salah satu manfaat dari sholat Istikharah yakni dapat membuat hati serta pikiran menjadi lebih tenang. Karena jikalau hati kita tidak tenang maka masalah yang kita hadapi akan menjadi lebih sulit. Dengan hati yang tenanglah semua masalah sesulit apapun pasti akan ada jalan keluar.

  • Memantapkan Hati

Dengan sholat Istikharah maka secara tidak langsung Allah akan memantapkan hati kita dalam memilih solusi dari masalah yang kita hadapi.

  • Menghindarkan dari Bisikan Syetan

Manfaat Sholat Istikharah selanjutnya adalah menghindarkan kita dari bisikan syetan. Biasanya jika kita dihadapkan dalam sesuatu masalah yang sulit maka syetan akan berusaha untuk menggoda kita untuk melakukan hal-hal yang terlarang.

  • Mendapatkan Pahala dari Allah

Sholat Istikharah merupakan sholat sunnah, sama seperti sholat sunnah lainnya yang jikalau dikerjakan maka akan mendapat pahala dari Allah Subhanahu wata’ala.

  • Memilih dengan pertimbangan Agama

Semua hal serta urusan seluruhnya ada di tangan Allah Subhanahu wata’ala. Oleh karena itu kita sebagai seorang hamba hanya memohon dan meminta pertolongan kepada Allah agar semua masalah yang kita hadapi dapat selesai dengan baik.

  • Terhindar dari Dosa

Manfaat selanjutnya dari sholat Istikharah yakni dapat menghindarkan diri kita dari perbuatan dosa. Karena bisa saja pada saat kita menghadapi suatu masalah yang sangat sulit kita lupa dengan Allah dan melakukan dosa besar yakni musyrik. Oleh karena itu jikalau kalian menghadapi suatu masalah maka berwudhu lah lalu dirikanlah sholat sunnah Istikharah, semoga dengan sholat sunnah tersebut kalian bisa mendapat jawaban terbaik dari Allah Subhanahu wata’ala.

Demikianlah pembahasan mengenai “Waktu, Bacaan Niat, Doa, serta Manfaat Sholat Istikharah

semoga bermanfaat dan terima kasih.

Wassalamualaikum wr wb

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *